kehamilan

Ketahui Beragam Informasi yang Bunda akan Dapatkan saat Pertama Kali USG Kehamilan

Nurul Jasmine Fathia   |   HaiBunda

Jumat, 15 Sep 2023 21:45 WIB

A pregnant female of Asian decent, lays out on an exam table as a technician conducts her ultrasound.  She is dressed casually and has her belly exposed as she looks to the screen to see her baby.
Ketahui Beragam Informasi yang Bunda akan Dapatkan saat Pertama Kali USG Kehamilan /Foto: Getty Images/FatCamera
Jakarta -

Kehamilan pertama pasti menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi, jika Bunda dan Ayah telah lama menunggu kehadiran Si Kecil. Biasanya, ketika mengetahui kabar kehamilan pasangan akan segera memeriksanya ke dokter.

Pada pemeriksaan pertama dokter biasanya akan melakukan ultrasonografi atau USG. Dari proses USG ini lah berbagai informasi dapat diketahui. Kira-kira informasi apa saja yang yang akan Bunda ketahui saat lakukan USG pertama kali?

Informasi saat pertama kali USG

Untuk mencapai hasil yang maksimal umumnya USG pertama kali dilakukan saat kehamilan menginjak usia 6 hingga 8 minggu. Hal ini karena pada usia kandungan 6-8 minggu biasanya kantong janin sudah mulai terbentuk dan bisa dilihat.


Hasil yang didapat saat lakukan USG pertama kali tergantung dengan cara apa USG dilakukan. Biasanya, pada USG pertama kali dokter akan melakukan USG transvaginal agar hasil yang didapatkan lebih akurat.

Baca Juga : USG

Melansir dari Madisonwomenshealth, pada USG pertama kali Bunda dan Ayah bisa mengetahui berbagai informasi terkait kondisi kehamilan dan janin. Informasi yang bisa diketahui di antaranya adalah:

  • Usia kehamilan
  • Hari perkiraan lahir
  • Suara detak jantung janin
  • Ukuran badan bayi
  • Kondisi plasenta
  • Kondisi rahim

Pada USG pertama dokter juga dapat mengetahui jika terdapat indikasi kondisi kehamilan yang berbahaya. Misalnya, kehamilan di luar kandungan atau janin yang tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Hasil USG pertama juga dapat menentukan apakah Bunda perlu mengonsumsi obat atau suplemen tambahan selama awal kehamilan. Selain berbagai informasi yang didapat dari proses USG, Bunda dan Ayah juga bisa mendapatkan edukasi tambahan terkait kehamilan.

Jika memiliki pertanyaan seputar kehamilan, Bunda dan Ayah juga bisa secara aktif berkonsultasi kepada dokter. Jawaban yang diberikan dokter diharapkan dapat membantu Bunda dan Ayah khususnya yang baru pertama kali mendapatkan kehamilan.

Perlu untuk diketahui juga, jika Bunda melakukan USG pertama kali di usia kandungan yang masih sangat muda, kondisi janin mungkin saja belum bisa terlihat dengan jelas. Jika hal ini terjadi dokter biasanya akan menjadwalkan ulang USG beberapa minggu setelahnya.

Terdapat dua cara yang biasa dilakukan oleh dokter kandungan saat melakukan USG, yaitu USG transvaginal dan USG transabdominal. Apa perbedaan dari kedua USG tersebut? Yuk simak lebih lengkap pada halaman selanjutnya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik diĀ SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT