kesehatan

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sariawan Si Kecil

yun Jumat, 07 Des 2018 - 06.58 WIB
7 Obat Alami untuk Mengatasi Sariawan Si Kecil /Foto: iStock 7 Obat Alami untuk Mengatasi Sariawan Si Kecil /Foto: iStock
Jakarta - Anak tidak mau makan karena merasa sakit di mulutnya? Kalau itu sariawan, jangan panik, Bun.

Menurut dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, sariawan adalah proses peradangan yang terjadi pada lapisan jaringan yang meliputi mulut. Sariawan bisa terjadi di gusi, lidah, bibir dan dasar mulut.


"Peradangan bisa disebabkan keadaan mulut itu sendiri, seperti kebersihan yang buruk, terbakar makanan atau minuman panas, atau akibat pengobatan, reaksi alergi, ataupun infeksi," jelas dr Meta, dikutip dari detikcom.

Tapi jangan khawatir, Bunda, ternyata mudah untuk mengatasi sariawan si kecil. Dilansir Firstory Parenting, tujuh obat alami ini bisa dikonsumsi anak untuk menyembuhkan sariawannya.

1. Madu

Ilustrasi maduIlustrasi madu Foto: Istock

Madu memiliki sifat anti-mikroba yang sangat baik, sehingga membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Jika usia anak di atas satu tahun, untuk mengobati sariawannya bisa menggunakan madu ya, Bun. Caranya dengan mengoleskan ke bagian sariawan beberapa kali. Tetapi, ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah satu tahun ya.

2. Kunyit

Sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan anti-bakteri, yang terkandung dalam kunyit bisa membantu segala macam luka agar cepat sembuh. Caranya, haluskan kunyit, lalu aduk dengan sedikit air hangat hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada bagian yang sakit. Air perasan kunyit juga bisa dikonsumsi, bisa campurkan dengan madu sebelum diberikan ke si kecil.

3. Kelapa

Ilustrasi kelapaIlustrasi kelapa Foto: Istock

Air, santan, maupun minyak dari kelapa dapat digunakan untuk obat sariawan. Caranya, air kelapa bisa diminum, santan digunakan untuk berkumur, sedangkan minyak kelapa dioleskan ke bagian yang sakit. Bahkan, minyak kelapa adalah pilihan terbaik untuk mengobati sariawan pada bayi yang berusia kurang dari enam bulan.

4. Daun kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu obat herbal yang bisa menyembuhkan sariawan. Selain itu, kemangi juga membantu menghilangkan stres dalam tubuh anak. Dengan demikian dapat mengurangi kemungkinan sariawan berulang. Cara mengonsumsinya, kunyah bersama dengan air hangat beberapa kali sehari.

5. Lidah buaya

Lidah buaya juga salah satu pilihan bagus untuk mengatasi sariawan pada anak. Sifat anti-bakterinya baik untuk kesehatan gusi. Caranya, kupas kulit lidah buaya, ambil gelnya, kemudian oles pada bagian yang sakit. Atau bisa campurkan gel tersebut dengan air dingin, bilas bagian yang sakit tiga kali sehari agar hasilnya maksimal.

6. Akar manis

Ilustrasi akar manisIlustrasi akar manis Foto: iStock

Akar manis bersifat demulcent (meringankan) dan anti-inflamasi, yang membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak di sekitar sariawan. Caranya, rendam satu sendok makan akar manis ke dalam 2 gelas air, gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari. Jika akar manis dalam bentuk bubuk, maka bisa campurkan dengan kunyit atau madu, lalu oles ke bagian yang sakit.


7. Es krim

Ilustrasi es krimIlustrasi es krim Foto: Istimewa

Meskipun ini bukan pengobatan sariawan untuk bayi, es krim berguna untuk membantu meringankan rasa sakit yang dirasakan anak-anak. Dingin pada es krim dapat menenangkan bagian yang sakit dan anak-anak pasti menyukai 'obat' ini, Bun. (yun/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi