menyusui

Tips Lancar Menyusui untuk Bunda yang Memiliki Puting Terbenam

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 23 Apr 2019 15:32 WIB
Tips Lancar Menyusui untuk Bunda yang Memiliki Puting Terbenam
Jakarta - Bunda, pernah punya masalah dalam menyusui si kecil? Para pemilik puting terbenam (inverted nipple) menjadi salah satunya nih, Bun.

Mereka sering mengalami kesulitan menyusui karena si kecil kesulitan untuk menyusu secara langsung (direct breastfeeding). Ada 10-20 persen wanita yang mengaku memiliki inverted nipple atau puting susu yang masuk ke dalam.


Melansir Mama Natural, kondisi puting terbenam atau masuk ke dalam memang membuat Bunda lebih sulit dalam menyusui. Meski demikian, Bunda tidak perlu khawatir karena tetap bisa menyusui dengan kondisi puting yang tidak menonjol. Jika merasa kesulitan, ada baiknya Bunda mengkonsultasikan hal tersebut dengan konsultan laktasi untuk menemukan solusi yang tepat.


Selain itu, Bunda juga dapat melakukan treatment dengan teknik Hoffman yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Caranya, letakkan ibu jari Bunda di dasar kedua sisi puting dan tekan dengan kuat ke jaringan payudara.

Kemudian, sambil menekan ke bawah, tariklah jempol sehingga menjauh satu sama lain. Lalu, gerakkan ibu jari ke sekeliling puting dan ulangi. Lakukan pengulangan sekali per hari ya, Bun, untuk hasil terbaik.

Selain itu, mengatasi puting yang terbenam juga dapat diawali dengan memompa payudara terlebih dulu, Bun, seperti dikutip dari laman The Bump.

"Beberapa wanita akan memompa terlebih dulu dalam waktu singkat untuk menarik keluar puting dan membuatnya berada dalam posisi yang lebih baik bagi bayinya. Seiring waktu, bayi pada akhirnya dapat mengeluarkan puting sendiri dan memecahkan permasalahan puting terbenam saat menyusui,"ujar Susan D. Crowne, MD, obgyn dan Clinical Associate Professor di Stanford University School of Medicine.

Tips Lancar Menyusui untuk Bunda yang Memiliki Puting TerbenamTips menyusui untuk si puting terbenam/ Foto: iStock

Di luar cara tersebut, Bunda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini lho untuk membantu proses menyusui dengan lancar, diantaranya:

Menarik keluar puting susu
Lakukan cara ini secara manual dengan menggunakan jari-jari, Bun. Hal ini dapat dipraktikkan bahkan sebelum bayi lahir.

Beri tekanan pada areola
Untuk beberapa Bunda yang payudaranya membengkak ke titik dimana puting susu tampak datar atau membenam, sangat direkomendasikan untuk meletakkan tangan Bunda di sekitar areola dan mendorong payudara ke arah dada. Tekanan manual ini dapat mengurangi banyaknya pembengkakan dan membantu puting tertarik keluar, Bun.


Pertimbangkan untuk menggunakan nipple shield
Jika Bunda memiliki puting yang rata atau terbenam, nipple shield dapat membantu dalam pelekatan saat menyusui. Sebab, alat bantu ini dapat mendorong aliran ASI dan merangsang langit-langit mulut bayi untuk memicu refleks menghisap.

Selamat mencoba!

Bunda, saksikan juga yuk, cara meningkatkan produksi ASI lewat video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi