menyusui

ASI Bercampur Darah Akibat Puting Lecet, Boleh Diminum Asalkan..

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 02 Jul 2019 18:22 WIB
ASI Bercampur Darah Akibat Puting Lecet,  Boleh Diminum Asalkan..
Jakarta - Puting lecet dan berdarah merupakan hal yang umum dialami Bunda menyusui. Meskipun sakit tapi tak menjadi halangan bagi pejuang ASI untuk terus menyusui bayinya.

Tapi, puting yang lecet dan berdarah menimbulkan kegalauan tersendiri nih di kalangan para Bunda. Di satu sisi, mereka menanyakan keamanan dari ASI itu sendiri karena bercampur dengan darah. Lantas, aman enggak sih, Bun, menyusui ketika puting sedang berdarah?

Melansir Very Well Family, menyusui dalam kondisi puting berdarah dianggap aman. Bunda pun dapat terus menyusui dan memberi si kecil ASIP meskipun puting berdarah atau Bunda melihat ada darah dalam ASI Bunda.


Sedikit darah dalam ASI tidaklah berbahaya, Bun. Jadi Bunda juga enggak perlu khawatir karena darah tersebut tak akan memengaruhi kualitas ASI dan kesehatan si kecil. Selama bayi menyusu dengan baik, Bunda pun dapat terus menyusui.

Meski demikian nih, Bun, kalau puting Bunda yang berdarah tersebut tidak kunjung sembuh setelah seminggu, penting banget bagi Bunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

ASI Bercampur Darah Akibat Puting Lecet,  Boleh Diminum Asalkan..Asi bercampur darah saat puting lecet/ Foto: iStock

"Jika Bunda terus melihat darah dalam ASI, penting untuk segera mencari bantuan dokter untuk menghindari kemungkinan masalah medis lainnya,"ujar Meg Nagle, IBCLC, seorang konsultan laktasi, dikutip dari laman Mamamia.

Lebih lanjut, Nagle menuturkan bahwa warna ASI bisa berubah sepanjang hari dan perdarahan dapat terjadi karena berbagai alasan termasuk mastitis (infeksi pada payudara) dan puting yang lecet. Tetapi, kondisi tersebut sebaiknya tidaklah menghalangi Bunda untuk terus menyusui, ungkap Nagle.

"Tubuh kita betapa luar biasanya. Bahkan, dengan saluran yang tersumbat, infeks,dan ASI bercampur darah, Bunda masih dapat terus memberikan asupan untuk buah hati dengan ASI Bunda. Jadi, jangan pernah berkecil hati menyusui dan memompa ASI untuk nutrisi buah hati,"kata Nagle.

Tuh kan, enggak takut lagi dong, Bun, kalau payudara tiba-tiba perdarahan. Sebab, Bunda tetap aman kok untuk terus menyusui.

Cari tahu yuk cara mengatasi puting yang lecet dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi