sign up SIGN UP search

menyusui

Tak lagi Nyeri, Coba 5 Cara Mudah Ini Atasi Puting Lecet Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 26 Nov 2021 17:41 WIB
Beautiful girl with tea bags on eyes. Top view. Ilustrasi teh celup/Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila_Fadzeyeva

Jakarta - Menyusui memang penuh dengan pengalaman haru biru ya, Bunda. Termasuk mengalami puting lecet hingga payudara bengkak yang rasanya jadi tantangan keseharian para ibu menyusui. 

Perkara puting lecet memang merupakan permasalahan klasik tapi cukup membuat Bunda kesakitan ya. Belum lagi, di tengah rasa sakit tersebut, tugas menyusui tetap harus berjalan. Duh, rasanya mau nangis terus enggak sih Bunda kalau sudah begini.

Meskipun puting lecet adalah kondisi yang wajar, tetap enggak boleh disepelekan ya, Bunda. Jika dibiarkan berkepanjangan tentu menimbulkan ketidaknyamanan dan risiko infeksi.


"Ketidaknyamanan ringan merupakan hal normal dalam beberapa hari pertama menyusui terutama ketika bayi menempel. Tetapi, gangguan yang berlangsung lebih dari seminggu atau sepanjang sesi menyusui tentu menunjukkan adanya masalah," ujar Christina J Valentine, MD, penasihat medis dan konsultan laktasi di Columbus Children Hospital, seperti dikutip dari laman Parents.

Untuk menghindari ketidaknyamanan, Bunda pun perlu menganalisis teknik yang tepat selama proses menyusui berlangsung. Jika masih kurang mahir, ikuti kelas laktasi di rumah sakit setempat atau berkonsultasi dengan konselor. 

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Jika masalah puting lecet masih juga muncul, pastikan untuk segera mengatasinya ya, Bunda. Jangan menunggu sebulan atau bahkan berlama-lama untuk mencari bantuan. Semakin dini Bunda menemukan masalah, semakin mudah untuk me-recovery, seperti dikatakan Jack Newman MD, seorang dokter anak di Toronto.

Dan, berbicara soal puting lecet, tentu Bunda ingin perawatan yang dilakukan bersifat alami supaya proses menyusui tidak terganggu dan bayi pun merasa aman tanpa efek kimiawi, bukan? 

Nah, jangan berpikir panjang ya, Bunda, mengenai hal tersebut. Karena, banyak obat puting lecet alami di luar sana yang bisa Bunda manfaatkan. Berikut ini di antaranya ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry:

1. Cuka sari apel

Campurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air. Setelah menyusui, celupkan bola-bola kapas ke dalam campuran tersebut. Oleskan dengan lembut ke puting dan areola. Campuran ini akan menghancurkan bakteri dan menjaga puting tetap bersih. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 3 dampak bingung puting pada Si Kecil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



5 PILIHAN ALAMI OBAT PUTING LECET, BYE-BYE NYERI!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!