sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Tak Terduga Menyusui, ASI Efektif Lawan Penyakit Menular

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 20 Apr 2020 14:15 WIB
menyusui caption
Jakarta - Merebaknya virus COVID-19, tak bisa menjadi alasan untuk berhenti menyusui. Bunda harus tetap bersemangat memberikan ASI sebagai proteksi terbaik bagi buah hati.

Melansir dari ulasan di laman UNICEF, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi dan melindunginya dari penyakit. Sehingga, bagi Bunda yang buah hatinya masih menyusui, sebaiknya tetap memprioritaskan menyusui sebagai asupan utama bagi si kecil. Sebab, menyusui menjadi makanan ideal untuk tumbuh kembang bayi yang sehat.


Perlu Bunda tahu bahwa ASI memiliki nutrisi penting yang mendukung sistem kekebalan bayi. Aktivitas menyusui tentu dapat menjadi kegiatan yang menenangkan, karena dapat meningkatkan kekebalan imunitas bayi. Menyusui juga menghilangkan stres dan kecemasan Bunda selama pandemi COVID-19.


Meski demikian, hal yang patut diingat ialah Bunda tetap harus memprioritaskan kebersihan selama memberikan ASI pada si kecil. Termasuk bagi Bunda yang memberikan ASI dalam bentuk ASI perah.

Manfaat Tak Terduga Menyusui, ASI Efektif Lawan Penyakit MenularASI lawan penularan penyakit/ Foto: iStock

"Ketika memerah ASI dengan pompa payudara manual atau listrik, Bunda harus mencuci tangan sebelum menyentuh pompa atau bagian botol dan mengikuti rekomendasi untuk pembersihan pompa yang tepat setiap kali digunakan," ujar Dr Hessa Khalfan Al Ghazal, Direktur Eksekutif SCFO, dikutip dari Gulfnews.


Ghazal juga menekankan bahwa pemberian ASI sangatlah penting karena efektif melawan penyakit menular. Ini dikarenakan menyusui membantu memperkuat sistem kekebalan dengan secara langsung mentransfer antibodi dari Bunda.

"Karenanya, kami menyarankan para Bunda untuk terus menyusui si kecil tanpa gagal sebagai tindakan pencegahan standar," pungkasnya.

Nah, tetap semangat mengASIhi, Bun!

Bunda, simak juga yuk penjelasan dokter mengenai tongue tie pada bayi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi