menyusui

Tasya Kamila Panik dengan Kondisi Stok ASIP karena Mati Lampu

Asri Ediyati Senin, 05 Aug 2019 12:03 WIB
Tasya Kamila Panik dengan Kondisi Stok ASIP karena Mati Lampu
Jakarta - Pemadaman listrik di sebagian wilayah Jawa bikin masyarakat khawatir dan merugi. Terlebih bagi para ibu yang menyimpan stok ASI perah seperti Tasya Kamila. Ibu baru itu sayangnya sedang berada di luar kota sehingga tak bisa langsung menyelamatkan ASIP-nya.

Melalui Insta Story di akun Instagram-nya, Tasya Kamila membagikan keresahannya. Begitu tahu kondisi di rumahnya sedang mati lampu, Tasya langsung panik. Ia menghubungi orang di rumah untuk menyelamatkan ASIP-nya.

"Lagi di luar kota, katanya di rumah mati lampu. Langsung panik minta orang rumah buat selamatkan stok ASIP yang aku simpan di freezer," tulis Tasya.


Di kalimat terakhir, ibu dari Arrasya Wardhana Bachtiar itu menyebutkan PLN, juga menanyakan durasi pemadaman mati listrik. Ia juga bingung langkah apa yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan stok ASIP.

Nah, bagi Bunda yang mengalaminya juga. Untuk stok ASIP cair, menurut dokter spesialis anak dan konsultan ASI dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A, IBCLC, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengusahakan ASI tetap dingin. ASI cair biasanya disimpan di kulkas bagian bawah.

Ilustrasi ASIP/ Ilustrasi ASIP/ / Foto: thinkstock
"Untuk yang cair, saat terjadi pemadaman masukkan ke cool box, taruh ice gel atau es batu. Setelah itu, ASI bisa tahan selama 24 jam," kata Wiyarni, dikutip dari detikcom.

Kemudian untuk stok ASIP beku biasanya disimpan di dalam freezer. Botol yang digunakan untuk menyimpan ASI sebaiknya dirapatkan dan ditambahi lipatan koran sebagai isolator dingin. Kulkas kemudian ditutup rapat dan jangan dibuka sampai listrik kembali menyala.

Menurut Winarni, ASI beku yang mulai mencair masih dibekukan dan disimpan kembali. Namun, ASIP beku yang sudah mencair 100 persen harus segera dikonsumsi dalam 4 jam.

Simak juga perlengkapan ibu menyusui melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi