sign up SIGN UP search


menyusui

2 Nyeri Puting yang Sering Dialami Ibu Menyusui, Catat Cara Mengatasinya

Annisa Karnesyia Senin, 17 May 2021 15:52 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Puting payudara bisa terasa nyeri ketika menyusui bayi, Bunda. Rasa nyeri ini terkadang bikin proses menyusui bermasalah atau terganggu.

Nyeri puting saat menyusui bisa disebabkan beberapa hal. Menurut konselor laktasi Kelly Bonyata, IBCLC, perubahan hormonal bisa memicu rasa nyeri ini selama beberapa hari.

"Biasanya kedua sisi puting akan terasa nyeri. Banyak ibu dengan bayi yang lebih besar merasa terganggu," kata Bonyata, dikutip dari Kelly Mom.


Selain hormon, nyeri juga bisa disebabkan trauma karena bayi sering menggigit puting. Dalam kondisi ini, Bunda perlu hati-hati karana kulit yang rusak bisa rentan terhadap bakteri.

Banner Gadis 30 Tahun Ngga Pernah Pacaran

Trauma kerana bayi tumbuh gigi dapat pula menyebabkan iritasi puting. Air liur yang meningkat dan enzim di dalamnya bisa mengiritasi puting.

Selain itu, iritasi juga bisa ditimbulkan oleh produk perawatan tubuh, seperti sabun, deterjen, salep, krim, lotion, sampo, hingga bedak. Penggunaan produk perawatan mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi dan bikin puting sakit.

Nyeri puting dapat terjadi setelah Bunda melahirkan. Nyeri dapat bersifat sementara atau menetap. Lalu apa beda kedua jenis nyeri puting ini ya? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nyeri sementara

Nyeri sementara di puting biasanya dialami Bunda yang baru melahirkan. Puncak rasa nyeri akan terasa di hari ketiga dan keenam.

Di waktu ini, payudara terutama puting akan terasa lebih sensitif. Pada masa ini, bayi juga baru belajar menyusu dengan mengisap sehingga puting dan jaringan areola tertarik masuk ke dalam mulut bayi.

"Sebanyak 70 sampai 96 persen ibu di negara barat yang baru melahirkan mengalami rasa tidak nyaman hingga nyeri puting ketika menyusui bayinya," kata konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Nyeri puting umumnya akan hilang pada hari ketujuh dan kesepuluh. Keluhan rasa nyeri akan berkurang sama sekali hingga Bunda dapat menyusui secara normal.

Nyeri puting bisa hilang dengan cepat bila pelekatan menyusu baik. Dalam kondisi ini, refleks pengeluaran ASI juga akan berjalan baik.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips perbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS NYERI PUTING: KRONIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!