menyusui

4 Posisi Menyusui Nyaman untuk Ibu yang Melahirkan Caesar

Radian Nyi Sukmasari Senin, 21 Oct 2019 13:22 WIB
4 Posisi Menyusui Nyaman untuk Ibu yang Melahirkan Caesar
Jakarta - Bagi sebagian ibu baru, posisi menyusui bisa menjadi hal yang membingungkan. Bagaimana menemukan posisi mengASIhi si kecil yang tepat? Apalagi kalau Bunda melahirkan via operasi caesar, posisi nyaman saat menyusui penting banget mengingat masih ada luka operasi di perut kan, Bun?

Tapi, sebelumnya Bunda perlu tahu nih, salah satu faktor yang turut menentukan nyamannya posisi menyusui adalah pelekatan bayi saat menyusu. Konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat, dr.Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI, mengatakan saat menyusui, pastikan Bunda duduk dengan nyaman.

Ada empat hal yang perlu diperhatikan agar posisi menyusui nyaman. Pertama, kepala dan badan bayi berada di satu garis lurus. Kedua, dekatkan bayi ke badan sehingga perut bayi dan Bunda menempel. Ketiga, hidung bayi diposisikan berhadapan dengan puting. Alhasil, posisi kepala bayi bukan di siku tapi di lengan tengah. Keempat, Bunda menopang seluruh badan bayi sehingga nyaman saat menyusui.

"Menyusui bukan pada puting, tapi aerola. Bentuk tangan seperti huruf C lalu topang seluruh payudara dan arahkan ke bayi. Saat bayi buka mulut lebar, masukkan sebagian besar payudara ke mulut bayi," tutur Hikmah.

"Untuk memastikan bayi melakukan pelekatan dengan baik, ada empat tanda yakni aerola bagian atas banyak terlihat, mulut bayi terbuka lebar, bibir bawah bayi terlipat ke luar, lalu dagu bayi menempel pada payudara," tambah Hikmah.

Dilansir Belly Belly, konselor laktasi Renee Kam IBCLC merekomendasikan empat posisi nyaman untuk ibu menyusui yang melahirkan caesar, yaitu:

Simak tips mengatasi puting lecet di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi