menyusui

Efek Samping Ibu Menyusui Mengonsumsi Baking Soda, Bikin Sakit Perut

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 28 Oct 2019 09:26 WIB
Efek Samping Ibu Menyusui Mengonsumsi Baking Soda, Bikin Sakit Perut
Jakarta - Baking soda banyak dikenal dalam dunia kuliner. Padahal, peruntukannya dalam medis ternyata tak kalah bermanfaat lho, Bun. Baking soda diketahui dapat membantu mengobati infeksi dan penyakit lainnya.

Marie Jhin, M.D, seorang dokter kulit di San Fransisco mengatakan, baking soda memang dapat membantu mencegah infeksi. "Baking soda diketahui memiliki sifat alkali dan antiseptik dimana dapat membantu menenangkan pH asam kulit dan membantu mencegah infeksi," ujar Jhin seperti dikutip dari Parents.

Ya, dengan khasiat tersebut tak heran kalau banyak orang memanfaatkan baking soda sebagai pengobatan. Termasuk diberikan juga untuk anak-anak. Tetapi ingat, penggunaan baking soda tidak direkomendasikan untuk anak kecil di bawah enam bulan. Sebab, kulit mereka belum memiliki sistem proteksi yang berkembang sepenuhnya.


Selain itu, bayi juga lebih rentan terhadap iritasi dan penyerapan sistemik dari produk yang dioleskan. Karenanya, kulit mereka sedikit lebih sensitif dari kulit anak yang lebih tua atau orang dewasa.

Efek Samping Ibu Menyusui Mengonsumsi Baking Soda, Bikin Sakit PerutMenyusui bahaya mengonsumsi baking soda/ Foto: iStock

Bahkan, penggunaan baking soda tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Terutama untuk dikonsumsi dalam dosis yang tinggi, serta pemakaian dalam jangka panjang. Apalagi, ada beberapa efek yang mungkin muncul usai mengonsumsi baking soda seperti peningkatan rasa haus dan sakit perut.

Bahkan, pada penderita tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal atau liver tidak diperbolehkan minum baking soda. Serta, pemakaian bagi ibu hamil dan menyusui pun dapat berbahaya, seperti dikutip dari laman Health Olino.

Dampak penggunaan baking soda terhadap kesehatan sepenuhnya akan tergantung pada seberapa sering digunakan. Jika digunakan secara terbatas, kemungkinan cukup aman. Nah, agar lebih aman, ada baiknya Bunda selalu mengkonsultasikan penggunaan produk selama menyusui pada dokter guna mendapatkan kejelasan lebih lanjut ya, Bun.

Semoga membantu, Bun.

Simak juga cerita Eriska Rein merasa gagal saat menyusui anaknya!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi