sign up SIGN UP search

menyusui

Ajaib! Ternyata Kandungan ASI Berubah saat Bayi Sakit, Otomatis Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 12 Oct 2022 13:30 WIB
suplemen herbal ibu menyusui caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, tentu kita akan merasa sedih dan khawatir saat Si Kecil sakit. Nah, kabar baik nih untuk para ibu menyusui.

Tahukah Bunda bahwa ketika Si Kecil sakit, kandungan ASI secara otomatis akan berubah lho. Melansir laman Healthline, sebuah studi dari 2012 menemukan bahwa ketika bayi mengalami infeksi aktif, kandungan sel darah putih (makrofag) dari ASI Bunda akan meningkat, seperti halnya faktor pelindung.

Melansir laman Verywellfamily, selain antibodi ASI juga mengandung zat penangkal penyakit lainnya, seperti protein, gula, lemak dan sel darah putih yang bekerja untuk melindungi Si Kecil dari berbagai infeksi, terutama infeksi saluran cerna.


Kandungan ASI berubah saat bayi sakit

Apakah Bunda pernah melihat beberapa postingan di sosial media tentang perubahan warna ASI selama bayi sakit? Sebenarnya belum ada bukti yang dipublikasikan mengenai perubahan warna ini, apakah benar sebagai reaksi infeksi dari bayi yang disusui atau ibu menyusui.

Namun, ada bukti bahwa ASI berubah warna karena alasan lain. Misalnya berubah warna karena reaksi terhadap sesuatu yang Bunda makan, dari vitamin yang konsumsi atau perubahan eksternal lainnya yang dapat memengaruhi warna ASI.

Misalnya laporan kasus tahun 2012 tentang seorang ibu menyusui yang ASI nya berubah warna menjadi hijau karena mengonsumsi multivitamin. Selain itu, ASI bisa berubah menjadi cokelat berkarat pada beberapa waktu. 

Jika Bunda melihat ada perubahan dalam ASI yang tidak dapat dijelaskan dengan mudah, segera hubungi profesional kesehatan atau konsultan laktasi untuk klarifikasi.

Apakah ASI berubah jika Si Kecil terinfeksi COVID-19?

Saat ini kondisi yang paling dikhawatirkan orang tua kepada anak adalah adanya COVID-19. Namun, Bunda tenang saja karena ada riset yang menyarankan bahwa aman untuk menyusui Si Kecil meski Bunda sedang terkena COVID-19. Bahkan WHO merekomendasikan agar orang tua yang sedang terkena COVOD-19 untuk terus menyusui bayinya.

Mengapa dibiarkan? Karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat melindungi bayi dari SARS-CoV-2 (infeksi yang menyebabkan COVID-19) yang serius. Selain itu, antibody untuk COVID-19 juga telah ditemukan dalam ASI orang tua yang memiliki COVID-19 lho.

Ini mengartikan bahwa bayi yang disusui kemungkinan akan memiliki kekebalan terhadap COVID-19 bahkan tanpa sakit ataupun vaksinasi. Selain itu, tidak ada bukti yang menyatakan bahwa virus SARS-CoV-2 dapat ditularkan kepada bayi melalui ASI.

Klik halaman berikutnya untuk tahu manfaat menyusui saat Si Kecil sakit dan tips cara menyusuinya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 9 kandungan luar biasa ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MENYUSUI SAAT SI KECIL SAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!