sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Telur bagi Ibu Menyusui, Kaya Vitamin hingga Menjaga Fungsi Hati

Siti Hafadzoh Kamis, 14 May 2020 19:08 WIB
5 Manfaat Telur bagi Ibu Menyusui, Kaya Vitamin hingga Menjaga Fungsi Hati caption
Jakarta -

Telur merupakan salah satu sumber protein yang paling mudah didapat dan harganya terjangkau. Tapi, apakah ibu menyusui boleh makan telur dan apa dampaknya untuk bayi?

Menurut ahli diet dan spesialis laktasi, Janel F., MS, RD, LDN, Bunda tidak perlu menghindari atau membatasi makanan yang bisa menimbulkan alergi. Salah satunya adalah telur.


Janel menyampaikan, membatasi makanan justru berdampak buruk terhadap gizi bayi. Ibu menyusui makan telur akan membantu tubuh bayi menyesuaikan makanan tersebut.

"Makan makanan yang bervariasi untuk melatih sistem kekebalan tubuh bayi Anda yang tumbuh sejak awal," kata Janel, dikutip dari Happy Family Organic.

Ibu menyusui boleh makan telur yang dimasak dengan matang. Telur setengah matang atau mentah berisiko terkontaminasi bakteri salmonella dan dapat menyebabkan keracunan.

Namun, tetap saja telur dapat menimbulkan alergi. Sebaiknya, ibu menyusui yang memiliki alergi terhadap telur berkonsultasi dulu dengan dokter.

telur infertilIlustrasi telur/ Foto: istimewa


Walaupun menimbulkan alergi untuk sebagian orang, telur tetap punya manfaat lho untuk ibu menyusui. Nah, dikutip dari Mom Junction, berikut ini 5 manfaat telur untuk ibu menyusui.

1. Menyediakan protein berkualitas tinggi

Telur mengandung seluruh asam amino esensial dalam proporsi yang tepat. Seluruh protein dalam telur dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

2. Mengandung berbagai mikronutrien

Telur kaya akan mikronutrien yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, Telur mengandung vitamin A, B2, B12, dan vitamin ini dapat dialirkan ke bayi lewat ASI.

3. Menjaga fungsi hati

Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting untuk ibu menyusui dan bayinya. Fungsi utama kolin adalah mendukung perkembangan otak dan menjaga fungsi hati.

4. Menjaga kadar kolesterol

Beberapa studi klinis menunjukkan, konsumsi telur secara reguler tidak akan menaikkan kolesterol. Konsumsi telur dalam jumlah wajar justru akan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).



5. Membantu mengatur berat badan

Telur menyediakan 72 kilo kalori dengan protein tinggi. Ini memungkinkan Bunda mendapat kalori ekstra dengan rendah lemak jahat dan lebih tinggi protein. Bunda bisa mengonsumsi telur disertai olahraga untuk menjaga berat badan setelah melahirkan.

Semoga membantu ya, Bun.

Lihat juga cerita Eriska Rein yang sempat bingung sendiri karena mengalami drama ketika menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi