sign up SIGN UP search


menyusui

5 Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Menyusui agar Bayi Sehat dan Cerdas

Siti Hafadzoh Selasa, 14 Apr 2020 12:20 WIB
Berbagai nutrisi diperlukan oleh ibu menyusui supaya bayi tumbuh sehat dan cerdas. Berikut ini 5 nutrisi yang harus dipenuhi ibu menyusui. caption
Jakarta - Ibu menyusui membutuhkan berbagai makanan untuk memenuhi nutrisi harian. Makanan bernutrisi tinggi diperlukan untuk meningkatkan produksi ASI dan juga kualitasnya, Bun.

Kekurangan nutrisi selama menyusui memang tidak akan mengurangi produksi ASI. Tapi, kualitasnya yang akan menurun.


"Karena untuk memproduksi ASI setiap ibu itu mampu menghasilkan volume ASI yang dibutuhkan bayinya. Hanya saja kualitasnya yang menurun jika ibu malnutrisi," kata dr Juwalita Surapsari MGz SpGK beberapa waktu lalu.


Makanya, Bunda tidak boleh melewatkan beberapa nutrisi penting selama menyusui. Dikutip dari US News, berikut ini 5 nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu menyusui.

1. Protein

Protein diperlukan tubuh untuk membangun, memperbaiki, dan memelihara jaringan dan organ. Ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, ibu menyusui membutuhkan 65 gram protein per hari. Bunda bisa memenuhi kebutuhan protein dengan produk susu, kacang-kacangan, telur, biji-bijian, dan mentega.

2. Zat besi

Zat besi yang cukup membantu mencegah kelelahan pada ibu menyusui. Nutrisi ini juga penting untuk menjaga energi Bunda.

Selain untuk ibu, zat besi juga sangat berguna untuk bayi, terutama di usia 4 bulan. Zat besi bisa didapat dari daging sapi, sayuran hijau, dan sereal.

5 Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Menyusui agar Bayi Sehat dan CerdasIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock
3. DHA

Docosahexaenoic (DHA) adalah asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan retina mata dan otak. Para peneliti percaya bahwa DHA sangat penting bagi perkembangan otak bayi.

"Beberapa di antaranya menemukan bahwa asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi gejala asma dan ADHD," kata ahli diet Rachael Link, MS dikutip dari Healthline.

Makanya, Bunda yang sedang menyusui perlu banyak konsumsi makanan yang mengandung DHA. Ibu menyusui perlu konsumsi setidaknya 12 ons ikan yang rendah merkuri per minggu.

4. Kalsium

Ibu menyusui memiliki simpanan kalsium pada tulang mereka. Ketika Bunda kurang konsumsi kalsium, tulang akan mengeluarkan kalsium dan dialirkan ke ASI. Sehingga, ibu menyusui bisa mengalami penurunan massa tulang.

Bunda perlu mengonsumsi 1000 mg kalsium per hari untuk mencegah pengeroposan tulang selama menyusui. Kalsium bisa didapatkan dari susu, yoghurt, dan keju. Sumber kalsium nabati yang bisa jadi pilihan adalah tahu dan susu kedelai.


5. Vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga penting untuk pembentukan tulang. Vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium.

Bunda bisa mengonsumsi makanan seperti salmon atau produk susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Kalau masih kekurangan nutrisi ini, Bunda perlu mempertimbangkan dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi suplemen vitamin D.

Semoga membantu ya, Bun.

Simak juga tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi