sign up SIGN UP search


menyusui

Si Kecil Suka Mendecak saat Menyusu, Wajarkah?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 02 Jun 2022 13:51 WIB
Mother breastfeeding her newborn baby girl. Baby happy while drinking milk from mother's breast. Vintage color tone. caption

Jakarta - Bunda menyusui mungkin kerap mendengar suara aneh seperti mendecak dari bayi saat mereka menyusu. Kira-kira, apa sih, penyebab bayi mendecak saat menyusu?

Kelahiran bayi membawa kehidupan baru yang penuh dengan kegembiraan. Namun, masa-masa awal memiliki bayi mungkin juga bisa menjadi saat yang mengkhawatirkan terutama bagi orang tua baru.

"Saya sering melihat orang tua yang khawatir bayinya tidak bernapas dengan normal. Mereka mendengar bayi mereka membuat berbagai macam suara yang berbeda saat bernapas, makan, atau tidur," kata Dr Janine Amos, spesialis THT di Mary Bridge Children.


Tidak jarang, orang tua menggambarkan bayi mereka seperti mencicit, mendecak, dan tentu saja mereka khawatir ada masalah dengan tenggorokan atau saluran udara buah hatinya, seperti dikutip dari laman Marybridge.

Meski tampak khawatir, sebaiknya masalah tersebut memang tak perlu diresahkan lebih lanjut ya, Bunda. Dr Amos meyakinkan bahwa suara tersebut sering kali tidak serius dan hilang dengan sendirinya untuk sebagian besar bayi di tahun pertama mereka.

Janin Terlilit Tali Pusar

"Pernapasan melengking juga dikenal sebagai stridor disebabkan jaringan lunak atau floppy di sekitar pita suara bayi," tambah Dr Amos. 

Dan, saat bayi menarik napas, jaringan ekstra di sekitar kotak suara secara singkat menghalangi jalan napas sehingga menyebabkan suara tersebut.

Melansir Lllc, dalam 3-5 hari pertama ketika volume ASI sedikit sesuai dengan ukuran perut bayi, Si Kecil mungkin mengisap beberapa kali sebelum Bunda mendengar suara menelan dari bayi. 

Kemudian, saat volume susu meningkat, pada awal menyusu, bayi akan mengisap beberapa kali untuk memicu refleks pengeluaran ASI dan kemudian biasanya mereka akan mengisap sekali atau dua kali untuk setiap kali menelan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Saksikan juga yuk video tentang 4 penyebab bibir bayi hitam setelah minum ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB BAYI MENDECAK SAAT MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!