sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Menghentikan Bayi Menggigit Puting Ketika Menyusu

Siti Hafadzoh Rabu, 10 Jun 2020 14:52 WIB
Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care. caption
Jakarta -

Berbagai tantangan mungkin Bunda temukan ketika menyusui. Salah satunya, bayi menggigit puting ketika menyusu, terutama bayi yang sudah mulai makan dan tumbuh gigi.

Ketika bayi menggigit puting, pasti akan terasa sakit ketika menyusui. Bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr Elizabeth Yohmi, Sp.A, IBCLC, kunci mencegah bayi menggigit puting adalah komunikasi. Baik komunikasi secara verbal maupun non verbal.


"Anak juga harus dikasih tahu bahwa saat puting payudara digigit, maka ibu akan kesakitan. Hal terpenting, komunikasi," kata Yohmi.

Nah, dikutip dari Mom Junction, ini 7 tips menghentikan bayi menggigit puting ketika menyusu:

1. Katakan tidak ketika bayi menggigit

Katakan "tidak" atau "jangan" dengan suara tenang tapi tegas ketika bayi pertama kali menggigit puting. Jangan berteriak atau memarahi karena itu dapat menakuti si kecil dan menyebabkan ia mogok menyusu.

2. Hentikan menyusui

Kalau bayi masih mengulanginya setelah Bunda mengatakan "jangan", hentikan dulu menyusui. Metode ini akan membantu bayi memahami bahwa tindakannya menggigit puting tidaklah benar. Baru kemudian menyusui bisa dilanjutkan lagi sampai si kecil tidak menggigit puting.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

3. Berikan sesuatu untuk dikunyah

Menggigit puting dapat dikurangi dengan memberikan sesuatu untuk dikunyah sebelum menyusui. Bunda bisa memberinya teether dingin. Metode ini dapat berguna khususnya untuk bayi yang sedang belajar mengunyah.

4. Beri perhatian

Berikan perhatian ketika bayi menyusu dapat membantu mengurangi gigitan si kecil untuk mencari perhatian. Coba memberinya sentuhan hangat dan tatap wajah bayi yang sedang menyusu.

5. Jangan menyusui ketika bayi malas atau mengantuk

Bayi yang malas atau mengantuk tidak melekatkan mulut pada puting dengan benar. Pelekatan yang tidak benar dapat membuat bayi tidak sengaja menggigit puting.

6. Pastikan pelekatan benar

Bibir bayi Bunda harus terbuka lebar dan lidah harus melingkupi puting. Jika bayi mengalami kesulitan melekatkan mulut, puting Bunda akan terasa sakit karena tergigit.

7. Ubah posisi menyusui

Kalau gigitan terus terjadi, cobalah untuk mengubah posisi menyusui. Cobalah bersandar atau mengubah kembali posisi menyusui untuk mengurangi goresan dari gigi bayi.

Lihat juga cara aman cegah kehamilan di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi