Sign Up search


menyusui

7 ASI Booster Alami yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

Yuni Ayu Amida Rabu, 15 Jan 2020 10:47 WIB
7 ASI Booster Alami yang Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui caption
Jakarta - Setiap ibu menyusui pasti ingin memproduksi ASI dengan lancar. Nah, salah satu cara agar produksi ASI banyak adalah dengan mengonsumsi ASI booster alami. Apa saja ya?

Namun sebelumnya, dijelaskan dr.Meta Hanindita, Sp.A, sebenarnya produksi ASI ditentukan oleh seringnya ibu menyusui atau memerah. Ibu menyusui juga harus selalu berpikiran positif bahwa ASI-nya cukup. Nah, untuk memperbanyak ASI, Meta menyarankan Bunda harus sering melakukan pengosongan payudara dengan memompa atau menyusui.


"Selain itu, minum yang banyak dan positive thinking," ujar Meta, dikutip dari detikcom.


Meta kemudian mengatakan, salah satu ASI booster alami adalah galactogogue. Jadi, Bunda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung galactogogue.

"Galactogogue ada pada sayur-sayuran seperti daun katuk, daun bangun-bangun, bayam, kacang kedelai kemudian fenugreek, dan masih banyak lagi lainnya," urai Meta.

Untuk lebih jelasnya, dilansir berbagai sumber, berikut ini 7 ASI booster alami yang amn dikonsumsi ibu menyusui.

1. Daun katuk

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa daun katuk bisa memperbanyak ASI. Hal ini karena dalam daun katuk ada kandungan protein yang dibutuhkan untuk memperbanyak produksi ASI.

Selain itu, kandungan lainnya dalam daun katuk juga bermanfaat sebagai antioksidan, yang tentunya baik untuk ibu menyusui.

2. Ikan salmon

Salah satu menu yang sebaiknya dikonsumsi saat menyusui adalah ikan salmon, Bunda. Tak hanya enak, ikan salmon ternyata bisa jadi ASI booster. Kandungan asam lemak esensial dan omega 3 yang ada dalam salmon adalah salah satu alasan kenapa ibu menyusui bagus mengonsumsi ini.

3. Bayam

Ilustrasi bayamIlustrasi bayam. (Foto: iStock)

Bayam adalah makanan yang kaya zat besi, kalsium, dan asam folat. Itu sebabnya, bayam sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai ASI booster alami.

Kandungan dalam bayam baik dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Tak hanya itu, jika Bunda punya riwayat anemia, bayam bisa membantu mengatasinya.

4. Air

Jika tubuh kurang cairan, kita bisa dehidrasi, Bunda. Nah, dehidrasi tentunya akan memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Jadi ketika menyusui, pastikan Bunda minum cukup air putih dalam sehari ya.

5. Gandum utuh

Gandum utuh mengandung zat besi, serat, vitamin B, dan juga kalsium yang bagus untuk tubuh. Selain itu, gandum utuh juga bisa memperbanyak pasokan ASI.

6. Wortel

Ternyata, tak hanya bagus untuk mata, wortel juga merupakan ASI booster alami lho, Bunda. Kandungan vitamin A, bata karoten, dan juga enzim phytoestrogens yang ada dalam wortel mampu memperbanyak ASI.

Selain itu, wortel juga mudah diolah. Bunda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus wortel, wortel rebus, maupun sup wortel.

7. Pare

Walaupun pahit, ternyata pare sangat bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui. Hal ini karena pare merupakan ASI booster alami. Kandungan dalam pare seperti vitamin K, likopen, fitokimia liutein, sangat baik untuk tubuh.


Simak juga ragam bentuk lidah bayi tongue tie dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi