sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Sering Terbangun Tengah Malam, Harus DBF atau Boleh Menyusu Pakai Dot?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 07:10 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bayi menyusu umumnya sering terbangun di malam hari. Selain karena lapar, bayi biasanya terbangun karena karena belum bisa membedakan waktu siang dan malam, Bunda.

Kebanyakan bayi menyusu akan terbangun satu sampai tiga kali di malam hari, terutama sampai usia 1 tahun. Mengutip Kelly Mom, menyusui memang dirancang untuk menghibur, membantu anak tidur, dan menangani stres.

Proses mengisap saat menyusu ternyata dapat melepaskan hormon kolesistokinin yang menyebabkan kantuk. Selain itu, ASI juga mengandung hormon pemicu tidur, asam amino, dan nukelotida, yang dapat membantu bayi membentuk ritme sirkadiannya sendiri.


Sebuah studi menunjukkan, bayi yang sudah lebih besar dapat mengonsumsi sebanyak 25 persen dari total asupan ASI harian di malam hari. Sebagian disebabkan karena adanya gangguan pemberian makan di siang hari.

Pilihannya sekarang adalah apakah Bunda perlu melakukan direct breastfeeding (menyusui langsung) ke Si Kecil atau memberikan susu dari botol saja ya?

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaMesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia

Direct breastfeeding (DBF)

Bayi baru lahir perlu disusui setiap dua hingga empat jam, Bunda. Namun, ketika bayi berusia 3 atau 4 bulan, kita perlu memberi jarak antar waktu menyusu.

Dokter biasanya memperkenalkan konsep menyusui secara bertahap, dengan menambahkan 15 hingga 30 menit di antara waktu menyusui dalam beberapa malam. Bila berhasil, pada akhirnya bayi akan tidur lebih lama.

DBF tetap dapat dilakukan di malam hari saat bayi terbangun. Tapi, pastikan dulu dia benar-benar lapar sebelum memberikan ASI. Saat Si Kecil bangun sambil menangis, tunggulah sebentar sebelum menawarkan ASI.

Bayi mungkin tertidur kembali atau hanya terbangun sebentar. Jika dia mulai rewel, maka coba tenangkan dengan digendong atau didengarkan lagu.

"Semakin cepat bayi diajarkan bahwa dia tidak akan mendapatkan makan saat bangun malam, semakin cepat dia belajar tidur sepanjang malam," ujar dokter anak Marvin Resmovits, M.D., dilansir What to Expect.

Lalu bagaimana dengan pemberian susu dari botol saat bayi terbangun di malam hari? Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 tanda bayi masih lapar karena kurang ASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BAYI TERBANGUN DI MALAM HARI DIBERIKAN BOTOL DOT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!