Sign Up search


menyusui

Menyusui Eksklusif Kurangi Risiko Menopause Dini, Simak Penjelasan Ahli

Melly Febrida Rabu, 29 Jan 2020 13:45 WIB
Menyusui Eksklusif Kurangi Risiko Menopause Dini, Simak Penjelasan Ahli Menyusui Eksklusif Kurangi Risiko Menopause Dini/ Foto: iStock
Jakarta - Menyusui eksklusif ternyata berhubungan dengan turunnya risiko mengalami menopause dini. Bahkan, Bunda yang hamil tiga kali dan semua anaknya disusui minimal 6 bulan, lebih rendah risikonya mengalami menopause dini.

"Wanita yang memiliki dua kehamilan, lalu menyusui setidaknya 6 bulan, memiliki risiko 16 persen lebih rendah mengalami menopause alami dini, dan wanita dengan tiga kehamilan memiliki risiko 22 persen lebih rendah," kata Christine Langton, MSW, MPH, seorang mahasiswa doktoral di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Universitas Amherst Massachusetts, mengutip Healio.


Langton mengatakan, pada wanita yang menyusui selama 25 bulan atau lebih selama masa pramenopause memiliki risiko 26 persen lebih rendah, ketimbang wanita yang menyusui kurang dari satu bulan.


"Wanita dengan tiga atau lebih kehamilan, yang menyusui secara eksklusif totalnya 7 hingga 12 bulan, memiliki risiko 32 persen lebih rendah mengalami menopause dini dibandingkan dengan wanita dengan jumlah anak yang sama, yang menyusui selama kurang dari satu bulan," ujarnya.

Ilustrasi menyusui eksklusifIlustrasi menyusui eksklusif/ Foto: iStock
Memang, dalam penelitian itu ditemukan, wanita yang lebih banyak hamil dan durasi menyusui lebih lama, risiko menopause dini lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah hamil atau menyusui kurang dari satu bulan. Namun, bukan berarti wanita yang tidak pernah hamil dan menyusui itu akan mengalami menopause dini.

Ada banyak faktor yang menentukan kapan waktu menopause, termasuk faktor genetik dan gaya hidup.

"Penting untuk dicatat bahwa karena penelitian kami adalah studi epidemiologi dan kami hanya mengamati hubungan antara kehamilan, menyusui dan menopause dini, kami tidak mengatakan bahwa faktor-faktor reproduksi ini menyebabkan waktu menopause," papar Langton.

Melansir dari Nutrition News, menyusui menjadi awal yang kuat dan sehat bagi kehidupan anak-anak, Bunda. ASI diketahui lebih dari sekadar makanan untuk bayi, tetapi juga menjadi pelindung mereka berbagai penyakit umum.

"Nutrisi yang optimal sebelum dan selama kehamilan penting untuk mempersiapkan tubuh memenuhi nutrisi yang tinggi untuk menyusui di kemudian hari. Nutrisi optimal selama menyusui pun penting untuk ASI," urai Christina Sherry, Ph.D, RD, seorang ilmuwan penelitian untuk nutrisi prenatal.


Bunda, simak juga tentang gejala awal menopause, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi