Sign Up search


menyusui

5 Tips Menyusui Nyaman dan Rileks untuk Ibu Baru

Yuni Ayu Amida Sabtu, 08 Feb 2020 10:23 WIB
5 Tips Menyusui Nyaman dan Rileks untuk Ibu Baru caption
Jakarta - Menyusui adalah momen yang penting bagi ibu dan bayi. Ini artinya, setiap wanita pasti ingin momen menyusui berjalan dengan baik.

Sekelompok peneliti dari Mother and Infant Research Unit di University of Dundee, Inggris, mengungkapkan bahwa dukungan yang diberikan pada ibu menyusui meliputi motivasi, pendidikan, perhatian, yang diberikan orang sekitarnya sangat berguna bagi ibu dan bayi.


"Bantuan yang positif akan membantu ibu memberi ASI lebih lama dan eksklusif, yang pada akhirnya akan berefek positif juga pada ibu dan bayinya," ujar ketua tim peneliti, Alison McFadden, dilansir FOX News.


McFadden menambahkan, bagi ibu baru atau calon ibu, sangat penting untuk bertanya pada ahli kesehatan terkait program yang mendukung ibu menyusui. Hal ini guna mendapat bantuan ketika mengalami masalah dalam proses menyusui nantinya.

"Jika dukungan itu tidak tersedia saat ini, carilah untuk mendapatkannya," tegas McFadden.

Tak hanya itu, terutama untuk ibu baru, mereka perlu tahu bagaimana cara agar bisa nyaman dan efektif saat menyusui. Nah, berikut ini tipsnya, dikutip dari Medical News Today.

1. Menggunakan bantal atau selimut

Bantal atau selimut ini fungsinya sebagai bantuan tambahan. Teknik ini akan sangat membantu jika menggendong bayi menyebabkan ketegangan otot. Misalnya, meletakkan bantal di bawah siku yang menopang bayi dapat membantu mengurangi ketegangan bahu dan leher.

2. Membuat area menyusui yang nyaman

5 Tips Menyusui Nyaman dan Rileks untuk Ibu Baru5 Tips Menyusui Nyaman dan Rileks untuk Ibu Baru/ Foto: iStock


Siapkan satu area atau ruangan di rumah khusus untuk tempat menyusui. Lengkapi ruangan dengan makanan ringan, air, bantal menyusui, selimut, buku atau majalah, dan perlengkapan atau kebutuhan lainnya untuk membantu ibu mengatur sesi menyusui. Pastikan area nyaman dengan sirkulasi udara yang baik.

3. Leher dan bahu rileks

Pastikan sebelum menyusui, leher dan bahu Bunda dalam keadaan rileks. Beberapa orang mengalami otot leher dan bahu menegang saat menopang berat bayi. Nah, Bunda sebaiknya menghindari hal ini, dengan menggunakan bantuan bantal untuk menopang, atau sebelumnya lakukan olahraga kecil.

4. Gunakan bantuan tangan

Ini tergantung pada ukuran atau posisi payudara saat menyusui. Mungkin saja payudara menutupi sebagian besar wajah bayi. Dengan bantuan tangan, posisi payudara akan lebih nyaman dan juga menjaga hidung bayi tidak tertutup payudara.

5. Memompa payudara

Untuk menambah persediaan ASI, Bunda bisa memompa payudara setelah sesi menyusui. Ini juga bertujuan untuk mengosongkan payudara, dan menghindari bayi dari tersedak ketika ASI terlalu banyak.


Simak juga drama ASI Erisca Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi