Sign Up search


menyusui

7 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui, Teh hingga Bawang

Siti Hafadzoh Sabtu, 22 Feb 2020 12:55 WIB
7 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui, Teh hingga Bawang caption
Jakarta - Ibu menyusui membutuhkan berbagai nutrisi, agar ASI lancar dan tumbuh kembang bayi berkembang optimal. Tapi, Bunda perlu berhati-hati nih, ada beberapa makanan yang perlu dihindari oleh ibu menyusui.

Menurut ahli gizi, Desi Horsman, beberapa makanan dapat memengaruhi produksi ASI. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari selama menyusui.


"Meskipun tidak semua makanan dan cairan melewati ASI Bunda selama proses pencernaan, tetapi makanan atau minuman mempengaruhi ASI Bunda dengan cara apa pun, dan itu akan berdampak pada bayi Bunda," kata Horsman, dikutip dari Living and Loving.


Perlu Bunda ketahui, beberapa makanan bisa menyebabkan reaksi buruk pada bayi. Dikutip dari Ameda Direct, berikut ini reaksi yang mungkin terjadi ketika bayi alergi:

- Eksim, ruam merah, gatal di badan
- Sembelit
- Rewel yang tidak wajar
- Kembung
- Diare

Nah, untuk menghindari alergi pada tubuh bayi, berikut makanan yang perlu ibu menyusui hindari.

1. Ikan

Ikan adalah sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik dan boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang selama menyusui. Tapi, jenis ikan tertentu, seperti ikan king mackerel memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Merkuri ini dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi, Bun. Makanya, sebaiknya tidak makan lebih dari enam ons ikan dua kali seminggu.

2. Kopi dan teh

Bunda yang sedang menyusui perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kopi dan teh. Kafein dalam kopi dan teh dapat mengalir ke ASI dan membuat si kecil jadi sulit tidur.

Tubuh bayi tidak bisa memproses kafein secepat badan orang dewasa. Jika bayi terpapar kafein, ini akan mengganggu jam tidurnya.

3. Cokelat

Tidak hanya kopi dan teh, cokelat juga mengandung kafein lho, Bun. Kafein dalam cokelat tidak hanya dapat menyebabkan masalah tidur pada bayi. Ini juga bisa menyebabkan feses bayi menjadi berair.

7 Makananan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui, Teh Hingga BawangIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
4. Peterseli dan peppermint

Bahan makanan ini dapat menambah cita rasa pada masakan. Tapi, peterseli dan peppermint dapat berdampak negatif pada produksi ASI. Bunda yang sedang menyusui hanya boleh mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

5. Bawang putih

Makanan yang Bunda konsumsi akan mempengaruhi rasa ASI. Penelitian juga menunjukkan bahwa bayi biasanya menikmati berbagai rasa.

Namun, bawang putih adalah salah satu rasa yang tidak disukai beberapa bayi. Jika bayi menolak menyusu setelah Bunda konsumsi makanan mengandung banyak bawang putih, itu berarti si kecil tidak menyukainya.

6. Makanan mengandung gas

Makanan yang mengandung gas seperti kacang, kecambah, kol, brokoli, dan kembang kol dapat menyebabkan masalah pada bayi. Si kecil bisa mengalami kembung dan menyebabkan kolik.


7. Alkohol

Alkohol membutuhkan satu hingga dua jam untuk dimetabolisme oleh tubuh. Alkohol juga bisa berdampak pada tubuh bayi karena ini bisa mengalir ke ASI.

Bunda juga bisa simak tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]


(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi