sign up SIGN UP search


menyusui

7 Faktor yang Memengaruhi Rasa ASI, Infeksi Payudara Bikin Susu Jadi Asin

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 14:00 WIB
Ibu menyusui makan Faktor yang memengaruhi perubahan rasa ASI/ Foto: iStock

Jakarta - ASI merupakan sumber nutrisi terpenting di awal kehidupan bayi. Namun, pernahkah terpikir di benak Bunda, seperti apa rasa ASI yang sebenarnya?

Banyak Bunda tertarik mengetahui rasa ASI yang normal untuk menjadi standar bahwa air susu yang mereka hasilkan sehat dan tinggi nutrisi untuk bayi. Lalu, apakah rasa ASI bisa berubah?

Pada umumnya rasa ASI dianggap manis dan lembut, tetapi rasa bisa berkembang seiring berjalannya waktu tergantung pada genetika, kebiasaan, gaya hidup, dan makanan yang Bunda konsumsi. Tahukah Bunda bahwa rasa ASI dipercaya dapat mempengaruhi nafsu makan bayi yang menyusu, lho.


Lalu, bagaimana rasa ASI bisa mempengaruhi nafsu makan Si Kecil dan apa saja faktor yang mungkin dapat mempengaruhi rasa ASI Bunda? Untuk menjawab pertanyaan Bunda yang satu ini, yuk, simak berikut, ini, ya Bunda.

Apa yang memengaruhi rasa ASI?

Melansir dari laman Mom Junction, rasa ASI bergantung pada komposisi nutrisinya, sangat dipengaruhi oleh apa yang Bunda makan selama masa menyusui. Selain manis dan lembut, ASI terdiri dari rasa yang berasal dari makanan yang Bunda makan setiap hari.

Bukti menunjukkan bahwa seorang ibu yang mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung makanan dari kelompok makanan yang berbeda membuat anaknya terpapar berbagai rasa sejak usia muda. Ini dapat mempengaruhi pilihan makanan Si Kecil di kemudian hari karena mereka akan lebih cenderung menerima makanan dengan rasa yang familiar.

Medical electric breast pump to increase milk supply for breastfeeding mother and children's clothingPenyebab rasa ASI berubah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Shavel Ludmila

Faktor yang dapat mempengaruhi rasa ASI

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rasa ASI Bunda:

1. Makanan

Mungkin bayi pertama kali merasakan rasa makanan di dalam rahim karena makanan Bunda dapat memengaruhi rasa cairan ketuban. Bayi diperkenalkan kembali dengan rasa ini selama menyusui ketika Bunda makan makanan dan minuman yang sama.

Pada awalnya, bayi mungkin tidak menanggapi rasa ini dengan baik. Namun, lambat laun, mereka mengembangkan toleransi terhadapnya. Namun demikian, mereka mungkin tidak menyukai perubahan mendadak dalam rasa ASI karena makanan tertentu dalam diet ibu.

Para ahli mencatat bahwa makanan beraroma kuat, seperti bawang putih dan cabai dapat mengubah rasa dan bau ASI.

Simak faktor lain yang memengaruhi perubahan rasa ASI di halaman selanjutnya!

Bunda, ketahui yuk manfaat almond untuk bunda menyusui seperti penjelasan video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERUBAHAN HORMON HINGGA MEROKOK BISA BIKIN RASA ASI BERUBAH LHO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!