Sign Up search


menyusui

5 Tips Tetap Sehat Selama Menyusui Si Kecil

Annisa Karnesyia Rabu, 26 Feb 2020 17:33 WIB
5 Tips Tetap Sehat Selama Menyusui Si Kecil caption
Jakarta - Menyusui tak hanya memberikan manfaat bagi si kecil, tapi juga ibunya. Memberikan ASI secara eksklusif dikatakan sebagai cara menurunkan berat badan secara alami pada ibu yang baru melahirkan, Bun.

Ahli gizi Adda Bjarnadottir MS, LN, mengatakan bahwa sekitar 3 sampai 6 bulan setelah melahirkan, terbukti kalau ibu yang menyusui mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Meski, sebaiknya harus dibarengi dengan olahraga.


"Menyusui dapat dapat membantu menurunkan berat badan setelah 3 bulan pertama," kata Adda, dikutip dari Healthline.

Sedangkan kata spesialis obgyn RSCM, Dr.dr.Ali Sungkar, Sp.OG(K), mengatakan kalau diet setelah melahirkan itu tidak harus dilakukan. Sebab, seluruh proses kehamilan, pengaruh hormonal, dan lain-lain akan hilang dalam tiga bulan setelah persalinan.

Sebenarnya setelah bayi lahir, berat Bunda akan menyusut. Kemudian saat menyusui, berat badan pun akan turun dengan sendirinya.

"Kalau dia benar makannya, menyusuinya eksklusif turun kurang lebih 450 sampai 500 gram per minggu," ujar Ali.

Menyusui memang memberikan manfaat kesehatan untuk ibu. Namun, bukan berarti kita tak memikirkan kesehatan saat menyusui si kecil ya. Kondisi tubuh yang menurun dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI.

Nah, berikut 5 tips agar Bunda tetap sehat selama menyusui. Klik next untuk lihat tips-tipsnya.

Simak juga penjelasan pakar soal bahaya bayi ASI terkena sembelit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi