Sign Up search


menyusui

10 Pertanyaan Wajib Ibu Menyusui Saat Konsultasi ke Dokter agar ASI Lancar

Annisa Karnesyia Minggu, 01 Mar 2020 10:15 WIB
10 Pertanyaan Wajib Ibu Menyusui Saat Konsultasi ke Dokter agar ASI Lancar caption
Jakarta - Memberikan ASI eksklusif adalah tantangan bagi seorang ibu. Apalagi kalau menyusui menjadi pengalaman pertama, Bun.

Menurut perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, setiap ibu pasti ingin segera menyusui bayinya segera setelah melahirkan. Namun, bagi banyak wanita, menyusui pertama kali bisa di luar ekspektasi atau bayangan.


"Pertama kali meletakkan bayi di payudara, mungkin terasa aneh," kata Murray, dikutip dari Very Well Family.

Si kecil yang baru lahir bisa menemukan payudara ibunya. Lalu dia mulai menggerakkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain dengan mulut terbuka, menjilat puting susu, atau mengaitkan mulutnya dengan kuat dan mulai mengisap.

"Kalau bayi sehat dan baik-baik saja, kita dapat mencoba menyusui pertama di ruang bersalin dalam waktu satu jam setelah kelahiran bayi," ujar Murray.

Wajar jika Bunda merasa khawatir saat pertama kali menyusui si kecil. Nah, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau pakar laktasi selama hamil atau mulai menyusui. Kita bisa tanyakan kekhawatiran tersebut pada mereka ya, Bun.

Melansir WebMD, berikut 10 pertanyaan wajib bagi Bunda yang menyusui saat konsultasi ke dokter atau pakar laktasi. Klik next untuk lihat daftarnya ya.

Simak juga tips tingkatkan produksi ASI, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi