sign up SIGN UP search

menyusui

Apa Saja Treatment Busui yang Bikin Rilex & Lancarkan ASI? Simak yuk Pilihannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 13 Jan 2023 14:15 WIB
Asian woman having massage and spa salon Beauty treatment concept. caption
Jakarta -

Tantangan sebagai ibu menyusui tidaklah mudah dijalani. Tak jarang, stres pun melanda. Butuh banget yang namanya treatment ibu menyusui yang bikin rilex & lancarkan ASI.

Stres di awal menjalani peran sebagai ibu merupakan hal wajar kok, Bunda. Namun, jika Bunda mengalaminya dalam jangka panjang, tentunya akan memperburuk kondisi menyusui. Tidak saja menyakiti diri sendiri karena berbagai risiko masalah kesehatan menghampiri, tetapi juga mengganggu produksi ASI, seperti dikatakan Rebecca Agi, MS, IBCLC, dikutip dari laman Very Well Family.

Treatment busui yang bikin rilex & lancarkan ASI

Seperti diketahui, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kesulitan dengan refleks let down dan dapat menurunkan suplai ASI. Terlalu banyak stres dalam kehidupan sehari-hari juga dikaitkan dengan penyapihan dini. Ini terlihat pada sekitar 60 persen Bunda yang berhenti menyusui lebih awal daripada yang diharapkan.


Sisi baiknya, menyusui dapat membantu menurunkan tingkat stres. Hormon yang dikeluarkan tubuh saat menyusui dapat meningkatkan relaksasi dan perasaan cinta serta ikatan. Penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi stres fisiologis dan subjektif secara signifikan. 

Untuk itu, biasakan diri dengan beberapa penyebab umum stres menyusui sehingga Bunda lebih siap menghadapinya. Meskipun menyusui dapat membantu mengurangi stres, menyusui dapat menjadi sumber stres bagi banyak ibu, terutama saat baru mulai menyusui.

Kemudian, Bunda juga bisa melakukan treatment ibu menyusui yang bikin rilex & lancarkan ASI. Termasuk melakukan berbagai jenis pijatan ya, Bunda. Berikut ini beberapa pilihannya:

2. Pijat oksitosin

Pijat oksitosin dan perawatan payudara berpengaruh terhadap peningkatan produksi ASI dilihat dari frekuensi dan lama pemberian ASI serta berat badan bayi. Seperti diketahui bahwa produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin sedangkan pengeluaran ASi dipengaruhi oleh hormon oksitosin.

Hormon oksitosin dilepaskan melalui rangsangan pada puting susu. Rangsangan tersebut terjadi akibat isapan mulut bayi melalui pijatan pada area payudara ibu dan pijatan pada punggung. Ibu akan merasa rileks dan tenang sehingga oksitosin dapat keluar dan ASI keluar dengan cepat.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 kesalahan menyusui yang bisa bikin Bunda stres:

[Gambas:Video Haibunda]



TREATMENT IBU MENYUSUI YANG BIKIN RILEX & LANCARKAN ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!