Sign Up search


menyusui

Tak Hanya Bikin Kurus, Menyusui Ternyata Punya Sederet Manfaat Mengejutkan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 18 Mar 2020 16:11 WIB
Tak Hanya Bikin Kurus, Menyusui Ternyata Punya Sederet Manfaat Mengejutkan caption
Jakarta - Proses menyusui si kecil menjadi perjuangan luar biasa bagi seorang Bunda. Tetapi, manfaat yang Bunda dapatkan dari proses menyusui pun, sebanding dengan perjuangan yang Bunda lakukan lho.

Perlu Bunda tahu, menyusui ternyata tidak saja menyehatkan si kecil, tetapi juga bagus untuk tubuh Bunda. Seperti dipaparkan Danielle Downs Spradlin, seorang konsultan laktasi bahwa kekebalan tubuh seorang ibu juga ditingkatkan oleh laktasi.


"Menyusui memang berkontribusi terhadap kesehatan ibu karena melindungi ibu terhadap sindrom metabolik," ujar Downs, dikutip dari laman Romper.


Sindrom metabolik sendiri merupakan kumpulan kondisi, termasuk gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tidak sehat, yang bergabung untuk meningkatkan peluang seseorang terkena diabetes, stroke, atau penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Women's Health menemukan bahwa wanita yang menyusui selama satu tahun atau lebih memiliki penurunan dalam pengembangan sindrom metabolik. Sekaligus dapat meningkatkan kualitas kesehatan ibu.

Tak Hanya Bikin Kurus, Menyusui Ternyata Punya Sederet Manfaat MengejutkanManfaat menyusui untuk Bunda/ Foto: iStock

Melansir WebMd, manfaat menyusui bagi ibu diketahui juga dapat membakar kalori ekstra. Sehingga membantu ibu menurunkan berat badan kehamilan lebih cepat.

Menyusui juga melepaskan hormon oksitosin. Hal ini akan membantu rahim kembali ke ukuran sebelum kehamilan dan dapat mengurangi perdarahan rahim setelah lahir. Menyusui juga dapat menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium serta risiko osteoporosis.


Di sisi lain, karena Bunda tidak perlu membeli dan membuatkan susu formula, mensterilkan puting susu, dan menghangatkan botol, tentunya ini akan menghemat waktu dan uang. Sekaligus juga, akan memberikan Bunda waktu yang teratur untuk bersantai dengan tenang bersama dengan buah hati.

Semoga bermanfaat infonya ya, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara menyendawakan bayi setelah menyusui seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi