sign up SIGN UP search


menyusui

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Ibu Menyusui Bayi yang Bisa Ayah Rasakan

Yuni Ayu Amida Senin, 25 May 2020 13:20 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Seperti yang kita ketahui, menyusui sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi. Tapi tahukah, Bunda, ternyata manfaat menyusui juga bisa dirasakan ayah lho.

Dikatakan, spesialis kandungan Meredith Shur, MD, FACOG, ayah kadang tidak menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam hal menyusui dan perawatan bayi baru lahir. Mereka bahkan merasa sedikit tersisih karena hanya ibu yang bisa menyusui bayinya. Tapi sebenarnya, ayah juga punya efek mendalam dalam proses menyusui dan kesejahteraan pasangan, juga anak mereka.

"Dukungan penuh kasih dari seorang pasangan adalah salah satu faktor terpenting dalam keputusan seorang wanita untuk menyusui," kata Shur, dilansir Very Well Family.


Penelitian menunjukkan, ketika seorang ibu mendapat dukungan dan dorongan dari pasangan, dia mungkin lebih berhasil dalam menyusui untuk jangka waktu yang lebih lama. Memiliki dukungan membuatnya lebih mudah untuk bertahan bahkan ketika dia kelelahan. Plus, dukungan sangat berharga untuk mengatasi masalah menyusui yang sulit atau menyakitkan.

Semakin lama ibu menyusui bayi, semakin besar manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi. Tapi tak hanya itu, Ayah juga bisa merasakan manfaatnya lho. Berikut ini manfaat ibu menyusui bayi, yang bisa juga dirasakan ayah, dikutip dari berbagai sumber.

1. Menyusui menghemat uang

Jika pasangan memilih untuk menyusui, Ayah tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli susu formula, botol, dot, dan botol susu bayi.

2. Lebih fleksibel

Waktu ayah jadi lebih fleksibel dan tidak repot. Misalnya ketika ingin berlibur bareng keluarga, bayi yang disusui tidak membutuhkan persediaan makanan sebanyak bayi yang diberi susu botol. Plus, tidak perlu khawatir menemukan tempat untuk menghangatkan botol saat jauh dari rumah. ASI selalu tersedia pada suhu yang sempurna.

Tak hanya itu, saat memberikan makan malam, Ayah tidak perlu menyiapkan botol di tengah malam. Dan tidak akan ada perjalanan malam ke toko karena kehabisan susu formula.

Ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: Nurvita Indarini

3. Kotoran bayi tidak terlalu buruk

Karena buang air besar dari bayi yang disusui biasanya tidak seburuk bayi yang diberi susu formula. Jadi, Ayah mungkin tidak keberatan untuk mengganti popok bayi.

4. Menyusui merupakan KB alami

Menyusui eksklusif bisa jadi bentuk alami KB. Jika istri menyusui setiap saat, tidak ditambah dengan susu formula bayi, dan haidnya belum kembali, sangat rendah kemungkinan terjadi kehamilan lagi selama enam bulan pertama setelah melahirkan.

5. Pilihan sehat untuk keluarga

Ayah tentunya akan merasa senang mengetahui bayi mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dan perkembangan dari menyusui. Menyusui juga bermanfaat bagi istri. Manfaat kesehatan ini bertahan bahkan setelah menyusui berakhir. Jadi pada akhirnya, Ayah akan memiliki keluarga yang lebih sehat dan biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah.

Simak juga tips aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui dalam video ini:


[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi