sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Menyusui untuk Kesehatan Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 20 Mar 2021 19:04 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Menyusui merupakan proses yang tidak mudah. Tetapi tahukah Bunda, menyusui ternyata menyimpan deretan manfaat positif, lho.

Melansir Hopkinsmedicine, penelitian secara luas menunjukkan manfaat menyusui tidak saja untuk bayi tetapi juga berdampak positif bagi ibu menyusui. Salah satunya yakni dapat membantu pemulihan pascapersalinan dan menurunkan risiko yang mungkin timbul.

"Selama kehamilan, sistem kekebalan bayi mempersiapkan diri untuk sumber makanan unik yang diproduksi ibunya yakni ASI. Itulah yang diharapkan tubuh bayi untuk dimakan, dikonsumsi, dan dimanfaatkan secara paling efektif," ujar Nadine Rosenblum, Koordinator Program Laktasi di The Johns Hopkins Hospital.


Rosenblum menambahkan bahwa ASI bukanlah zat yang homogen. Ratusan nutrisi pun telah diidentifikasi dalam ASI. Para peneliti masih menemukan banyak lagi dimana kombinasi dari nutrisi ini bersifat dinamis. Komposisi nutrisi berubah berdasarkan kebutuhan bayi setiap harinya, di setiap makanan dan setiap tahap kehidupannya.

Dengan deretan keunikan tersebut, ASI sedianya memang sangat bermanfaat bagi buah hati karena nutrisinya yang begitu seimbang dan sesuai kebutuhan tumbuh kembang mereka. Tetapi, banyak Bunda yang mungkin belum tahu bahwa menyusui ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan pada ibu menyusui.

Banner Aprilia Manganang

Perlu Bunda tahu bahwa menyusui sesegera mungkin setelah melahirkan dapat membantu meningkatkan pemulihan pascapersalinan dengan memperkuat banyak proses alami. Termasuk di antaranya mengeluarkan plasenta, memperlambat perdarahan postpartum, mengurangi ukuran rahim, membakar kalori, dan meningkatkan kesehatan mental yang baik. Ini disebabkan karena menyusui dikaitkan dengan lebih rendahnya risiko depresi pascapersalinan pada ibu baru.

Klik halaman selanjutnya untuk penjelasan lebih lengkap ya, Bunda.

Bunda, menyusui juga bisa jadi KB alami. Simak informasinya dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MENYUSUI BAGI BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi