sign up SIGN UP search


menyusui

6 Makanan yang Dilarang untuk Busui, Cokelat Bisa Bikin Bayi Gelisah Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 05 Oct 2021 08:01 WIB
Caucasian young woman sits in a deck chair at the table, drinks coffee and holds the baby in her arms. Summer day in the city. Lifestyle portrait of mother with baby. caption

Jakarta - Sama halnya ketika hamil, ada beberapa makanan yang dilarang untuk busui dan sebaiknya dihindari. Ya Bunda, selama masa menyusui Bunda memang belum bisa bebas menyantap semua makanan.

Perjuangan Bunda pun masih terus berlanjut demi tumbuh kembang dan kesehatan Si Kecil terjaga, dengan mengonsumsi makanan yang aman dan bernutrisi.

Perlu Bunda tahu, kandungan makanan yang Bunda asup dapat terserap ke dalam ASI dan masuk ke tubuh bayi. Sehingga, dianjurkan agar lebih bijak untuk memilih asupan selama menyusui. Meskipun katanya nih, Bunda, tidak ada daftar makanan yang dilarang untuk busui, lebih baik berhati-hati ya.


"Sebenarnya tidak ada makanan yang harus dihindari sepenuhnya oleh setiap ibu menyusui. Sebagian besar ibu menyusui dapat terus makan makanan yang biasa mereka makan," ujar Lindsey Shipley, RN, seorang konsultan laktasi dan Founder Lactation Link, seperti dikutip dari laman The Bump.

Hanya saja, Shipley mengingatkan agar para busui melakukan moderasi menu makan dengan baik. Karena sesungguhnya, diet seimbang penting untuk membantu Bunda dan bayi mendapatkan yang terbaik.

Infografis menyusuiInfografis makanan larangan ibu menyusui/ Foto: Mia Kurnia Sari

Oh ya, Bunda, walaupun mungkin tidak ada daftar makanan yang dilarang untuk busui secara ketat, ada beberapa hal yang mungkin perlu Bunda kurangi saat menyusui untuk menjaga tingkat produksi ASI serta memastikan bayi tetap bahagia dan sehat.

Melansir Overlakeobgyn, berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk busui dan perlu dibatasi selama Bunda menyusui ya:

1. Alkohol

Ketahuilah bahwa alkohol terserap dalam ASI setelah masuk aliran darah. Para ahli sepakat bahwa ibu menyusui harus membatasi minuman beralkohol. Terlalu banyak minum alkohol dapat berdampak negatif pada pertumbuhan, perkembangan, dan jadwal tidur bayi.

2. Kafein

Kafein dalam jumlah sedang tidak ada masalah ya, Bunda. Tetapi, jika Bunda mengonsumsinya terlalu berlebihan tentunya tidak disarankan. Ingat, kafein akan masuk dalam ASI. Sedangkan tubuh bayi belum bisa memproses kafein secara efisien, sehingga dapat menyebabkan iritabilitas dan masalah tidur pada Si Kecil. 

Jika ingin mengonsumsi kafein secara terbatas, Bunda dapat memilih waktu setelah menyusui. Sehingga ada jeda waktu agar kafein bisa dikeluarkan dari tubuh sebelum masuk ke sesi menyusui berikutnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi mengenai makanan yang dilarang untuk ibu menyusui.

Simak juga anjuran untuk menghindari beberapa makanan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BUSUI TERNYATA DILARANG KONSUMSI MAKANAN TINGGI LEMAK LHO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!