Sign Up search


menyusui

5 Tips Penangkal Stres untuk Ibu Menyusui

Siti Hafadzoh Minggu, 22 Mar 2020 09:30 WIB
5 Tips Penangkal Stres untuk Ibu Menyusui 5 Tips Penangkal Stres untuk Ibu Menyusui/ Foto: iStock
Jakarta - Memiliki anak akan mengubah banyak hal dalam hidup wanita. Apalagi, ada berbagai hal yang dialami setelah melahirkan. Beberapa ibu menyusui bahkan mengalami peningkatan stres.

Mengutip Kids Spot, kenaikan oksitosin pada tubuh ibu menyusui kontraproduktif bagi stabilitas suasana hati. Akibatnya, beberapa ibu menyusui jadi mengalami depresi, kecemasan, mudah marah, tidak hangat, dan imbas negatif lainnya.


Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, Bun. Permasalahan tersebut bisa memicu depresi dan dapat membuat mereka merasa gagal jadi seorang ibu.


"Bagi ibu yang menderita depresi pasca persalinan, kesulitan menyusui bisa terasa seperti masalah hidup dan mati. Para ibu merasa telah gagal total sebagai seorang ibu," kata Tamar Gur, MD, Ph.D, seorang ahli kesehatan dan psikiater reproduksi di The Ohio State University Wexner Medical Center, seperti dikutip dari Self.

Nah, makanya Bunda yang sedang menyusui perlu menjaga kesehatan mental supaya tidak stres. Dilansir Very Well Family, berikut 5 tips supaya tidak stres selama menyusui.

1. Menemukan support system

Bunda perlu menemukan orang-orang yang dapat mendukung alias support system selama menyusui. Bahkan, ini bisa dimulai sejak si kecil belum lahir.

Support system bisa terdiri dari pasangan, ibu, adik atau kakak, atau sahabat. Kalau tidak menemukan kelompok dukungan yang kuat, Bunda bisa mengikuti komunitas ibu menyusui di daerah terdekat. Menemukan kelompok dukungan sangat penting ketika Bunda menghadapi masalah menyusui.

2. Minta bantuan jika butuh

Menyusui adalah sesuatu yang alami. Tapi, beberapa ibu dan bayi membutuhkan bantuan untuk memulainya.

Bayi kesulitan menyusu akan menimbulkan rasa bersalah atau gagal. Tapi, dengan meminta bantuan sejak awal, Bunda dapat menjalani menyusui dengan lancar. Ini dapat memberikan kepercayaan diri untuk sukses menyusui.

5 Tips Penangkal Stres untuk Ibu MenyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/Nicola Katie

3. Beristirahat ketika bisa


Ada banyak hal yang perlu dilakukan ketika sudah menjadi ibu. Tugas sehari-hari bisa menumpuk dan menyebabkan Bunda kelelahan.

Mungkin akan tidak mudah bagi Bunda untukĀ beristirahat yang cukup. Tapi, tetap harus dicoba, Bun.

Cobalah untuk beristirahat ketika bayi sedang tidur. Dengan begini, Bunda akan merasa lebih baik dan lebih siap mengerjakan berbagai hal.

4. Keluarkan unek-unek

Bunda tidak perlu menyimpan semuanya sendirian. Tidak apa-apa kok membicarakan perasaan Bunda, karena justru ini akan membuat terasa lebih baik.

Jika tidak nyaman bicara dengan suami atau saudara, Bunda bisa berbicara dengan ahli. Dokter bisa membantu Bunda dengan masalah-masalah menyusui yang dialami.


5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Bunda tidak harus melakukan segalanya untuk orang lain sepanjang hari. Tidak apa-apa kok meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Mintalah Ayah untuk sebentar menjaga si kecil. Bunda bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang disukai. Ini akan membantu untuk kembali segar ketika harus merawat bayi lagi.

Semoga tips ini membantu Bunda yang sedang menyusui!

Bunda, lihat cara senam lidah untuk bayi tongue tie berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi