sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Baru Stres saat Menyusui? Tenang Bun, Simak Penyebab dan Solusinya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 12 Jul 2022 13:55 WIB
Happy mom and baby with a breastfeeding together in bedroom. caption

Saat menjadi ibu untuk pertama kalinya, tak sedikit wanita yang kaget, bingung, bahkan berujung stres saat mulai menyusui. Hal ini wajar dan ada berbagai hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya, Bunda.

Yuk, cari tahu apa sih penyebab umum stres yang dialami ibu baru saat menyusui berikut ini.

Penyebab umum stres pada ibu baru saat menyusui 

Menjadi ibu baru mungkin menyita waktu dan energi bagi sebagian wanita. Tekanan tersebut pun tak mudah dilalui sehingga membuat ibu baru terserang stres.


Hal ini banyak terjadi kok, Bunda. Apalagi, waktu istirahat sangat minim dan waktu yang ada begitu terkuras untuk mengurus Si Kecil. Alhasil, beban pekerjaan yang dilakukan dan waktu diri sendiri yang minim membuat ibu baru cenderung stres saat menyusui. 

"Saat pertama kali menjadi seorang ibu, Anda mungkin akan memiliki keinginan besar untuk bisa menyusui dengan lancar dan memenuhi kebutuhan bayi. Sehingga, tak jarang banyak wanita malah merasa tertekan dan ketakutan ASI-nya tak akan mencukupi," ujar Amanda DeWeese, MPH, CPH, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Romper.

DeWeese menjelaskan bahwa hiperfokus ini justru dapat memengaruhi kondisi mental ibu baru secara keseluruhan yang malah memicu beberapa gangguan kesehatan seperti:

  • Sakit kepala
  • Kesulitan tidur
  • Tak mampu berkonsentrasi
  • Perubahan nafsu makan.

Tak hanya itu, kecemasan menyusui juga dapat berkontribusi pada perkembangan gangguan mood dan kecemasan perinatal. Apalagi, jika seorang ibu berencana untuk menyusui bayinya secara eksklusif dan dia akhirnya harus melengkapi dengan susu formula atau bahkan beralih ke susu formula, ini dapat memicu gejala kecemasan dan depresi yang ekstrem.

Pertama dan terpenting, pahami bahwa ini terjadi pada banyak orang tua dan Bunda tidak sendirian. Perlu diketahui bahwa ibu baru sering merasakan tekanan yang sangat besar untuk membuat menyusui berhasil dan ketika tantangan atau kesulitan itu muncul, ibu sering merasa gagal dalam memberi makan anaknya.

Perasaan tekanan ekstrem ini ditambah dengan perasaan gagal dapat menyebabkan ibu baru merasa sangat cemas dan bahkan depresi. Ketika kondisi ini terjadi, ibu menyusui tidak akan dapat menghasilkan cukup ASI untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Hal ini kemudian membuat ibu baru merasa kesal dan tak jarang menyalahkan diri sendiri. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 kondisi ibu menyusui yang membutuhkan konselor laktasi.

[Gambas:Video Haibunda]



APA PENYEBAB STRES IBU BARU SAAT MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!