sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ini Lho 4 Penyebab Bayi Susah Melekat saat Menyusu

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 09 Nov 2021 20:50 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption

Jakarta - Sulitnya bayi melekat pada payudara ibu di awal masa menyusui adalah kondisi yang wajar dialami para Bunda. Meski begitu, Bunda tentu khawatir karena bayi harus segera mendapat asupan ASI untuk menambah berat badannya.

Jika bayi tidak mendapatkan cukup ASI, berat badannya akan sulit naik. Juga, jumlah ASI yang diproduksi di payudara ibu untuk bayi pun akan berkurang.

Untuk mengatasinya, kemampuan bayi untuk mengisap memang sangat berperan ya, Bunda. Hal ini tentunya berkaitan juga dengan proses pelekatan saat menyusu yang perlu dilakukan dengan baik oleh bayi.


Masalahnya nih, sebagian Bunda di luar sana kerap mengeluhkan kalau bayi susah melekat saat menyusu. Padahal, payudara kadang sudah sampai bocor-bocor menanti diisap buah hati. 

Kalau Bunda mengalaminya, pertama yang harus dilakukan tetap bersikap tenang ya, Bunda. Memang, di awal mungkin akan sulit bagi bayi mendapatkan pelekatan yang baik.

Terkait dengan penyebab dari bayi susah melekat memang perlu dianalisis lebih lanjut ya, Bunda. Karena, setiap  bayi mungkin memiliki kesulitan yang berbeda satu sama lain terkait mengapa bayi susah melekat saat menyusu.

Banner Manfaat Air MawarBanner Manfaat Air Mawar/ Foto: HaiBunda/Mia

"Penyebabnya memang tidak sederhana. Pelekatan yang sulit di awal bisa saja disebabkan oleh obat yang dikonsumsi ibu saat proses persalinan, mengalami tindakan penyedotan saat lahir, memaksa bayi ke payudara, atau dengan memegang kepala bayi untuk pelekatan," ujar Jacki Glover, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Selain masalah di atas, ibu dengan kondisi puting kecil dan datar juga menambah permasalahan. Puting dengan bentuk seperti itu tentunya akan menyulitkan bayi saat menyusu karena bayi susah melekat dengan keadaan puting yang kurang mendukung.

Glover menyarankan untuk tetap bersemangat menyusui dan melakukan lebih banyak skin to skin agar bayi mau secara spontan menempel. Kemudian, Bunda juga dapat memerah payudara secara teratur untuk meningkatkan produksi ASI.

Bila puting mengalami lecet, Bunda bisa memberikan ASI dengan gelas atau botol sampai kondisi payudara kembali normal.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 3 tips mengatur jadwal menyusui sesuai dengan usia bayi di bawah ini yuk

[Gambas:Video Haibunda]



4 PENYEBAB BAYI SUSAH MELEKAT SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!