sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Membuat Momen Menyusui Jadi Lebih Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 14 May 2020 08:09 WIB
Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant caption
Jakarta - Setiap ibu memiliki kebiasaan tersendiri untuk membuatnya nyaman ketika menyusui. Nah, faktor ini memang penting banget ya, Bun, untuk mendukung kelancaran menyusui bagi Bunda dan si kecil.

Berbicara soal kenyamanan, salah satu hal yang harus dipenuhi yakni bagaimana Bunda menemukan posisi menyusui yang tepat. Mungkin Bunda akan menemukan kesulitan di masa-masa awal kelahiran bayi. Tidak apa-apa kok, Bun. Karena menyusui sejatinya memang proses alamiah yang akan membuat Bunda terbiasa seiring waktu.


Melansir Parents, hal lain yang juga perlu dilakukan yakni menguatkan keyakinan, meluaskan kesabaran, serta melakukan perencanaan yang cerdas.


"Pertimbangkan untuk bertemu dengan konsultan laktasi atau ahli menyusui lainnya untuk dapat berbagi tips dimana akan membantu proses menyusui," ujar Dee Kassing, IBCLC, konsultan laktasi di St Louis, Missouri.

Selain itu, coba tiga hal berikut yuk untuk menemukan posisi menyusui yang nyaman:

Young mother breastfeeding at home, bonding with baby child toddler3 posisi menyusui nyaman/ Foto: iStock

1. Duduk dengan menempelkan punggung ke kursi

Hal penting lainnya yang perlu Bunda praktikkan yakni, memperbaiki posisi ketika menyusui. Dalam hal ini, duduklah dengan punggung menempel pada sandaran kursi atau letakkan bantal di belakang untuk menopang punggung, seperti dikutip dari laman Natural Birthing.

2. Lekatkan bayi ke tubuh Bunda

Setelah itu, lekatkan bayi ke tubuh Bunda dan jangan mencondongkan tubuh Bunda ke depan untuk membuat puting mencapai mulut bayi. Sebab, hal ini akan membuat Bunda merasa lebih tegang.


3. Hindari bantal menyusui

Oh ya, Bunda sebaiknya tidak mengandalkan bantal menyusui ya, Bun. Karena, ketika Bunda memegang bayi dengan baik dan benar untuk dilekatkan di payudara, maka penggunaan bantal menyusui pun tidak lagi diperlukan.

Semoga bermanfaat ya, Bun!

Simak juga yuk cara menyusui yang disarankan dokter seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi