sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Pertama Kali? Simak 3 Langkah Awal Penting Ini Yuk

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 06 Nov 2022 07:10 WIB
Ilustrasi melahirkan caption
Jakarta -

Bunda yang baru saja melahirkan tentu akan mulai menyusui. Dalam fase menyusui ini mungkin diperlukan waktu bagi Bunda dan Si Kecil untuk saling mengenal dan terbiasa. Menyusui juga bisa membangun ikatan dengan Si Kecil lho.

Namun, mungkin beberapa Bunda masih kebingungan harus melakukan apa pada hari pertama menyusui, simak penjelasan berikut yuk Bunda agar ada sedikit gambaran persiapan menyusui apa yang harus dilakukan.

Menyusui pertama kali, ketahui 3 hal ini

Disarankan agar Bunda mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang menyusui sebelum melahirkan Si Kecil. Sebab ini akan sangat membantu kepercayaan diri saat mulai menyusui. Cobalah dengan mengikuti kelas antenatal.


Kelas antenatal di dalamnya biasanya mencakup aspek yang paling penting dari menyusui, seperti posisi, pelekatan, ekspresi, dan cara mengatasi masalah umum pada menyusui. Bunda juga bisa menanyakan informasi seputar menyusui kepada bidan, keluarga, dan teman atau saluran bantuan situs web.

1. Kontak kulit ke kulit

Setelah melahirkan, lakukanlah kontak kulit ke kulit langsung dengan Si Kecil. Ini akan membuatnya tetap hangat dan tenang serta bisa menstabilkan pernapasan Si Kecil. Kontak kulit ke kulit ini berarti mengendong Si Kecil yang masih telanjang atau hanya mengenakan popok di tubuh Bunda.

Kontak kulit ke kulit ini sangat tepat dilakukan pada saat menyusui pertama kali. Ini dapat menjadi pengalaman bonding bagi Bunda dan Si Kecil. Jika ini dilakukan setiap saat, tentu bisa membantu mempererat ikatan Bunda dan Si Kecil.

Posisi ini juga membantu Si Kecil menempel ke payudara menggunakan refleks merangkak dan menempel secara alami. Jika Bunda mengalami kondisi tertentu sehingga membutuhkan waktu untuk melakukan perawatan khusus sehingga kontak kulit ke kulit menjadi tertunda, tidak perlu cemas atau takut tidak bisa menjalin ikatan dan menyusui Si Kecil.

Bunda masih dapat menjalin ikatan dan menyusui Si Kecil meskipun tertunda, bidan mungkin akan menunjukkan cara memerah ASI sampai Si Kecil siap menyusu dan membantu Bunda melakukan kontak kulit ke kulit dengan Si Kecil sesegera mungkin.

Bunda yang melahirkan dengan operasi caesar pun masih bisa melakukan kontak kulit dengan Si Kecil secara langsung setelah melahirkan.

2. Kolostrum: ASI pertama Bunda

Mungkin banyak Bunda yang belum tahu soal ini, cairan yang dihasilkan payudara dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan disebut kolostrum. Cairan ini teksturnya kental dan biasanya berwarna kuning keemasan.

Semakin banyak Bunda menyusui, semakin banyak isapan Si Kecil yang akan merangsang suplai ASI sehingga ASI akan semakin banyak dihasilkan.

3. Refleks let down

Melansir laman Nhs, isapan Si Kecil menyebabkan otot-otot di payudara Bunda memeras susu ke arah puting susu dan ini disebut refleks let-down. Beberapa Bunda mungkin akan merasakan kesemutan yang sangat kuat, sedangkan Bunda yang lain tidak.

Pada fase ini, Bunda akan melihat Si Kecil merespons ASI yang turun. Isapan cepat Si Kecil akan berubah menjadi menelan berirama saat susu mulai mengalir. Terkadang refleks let down bisa begitu kuat sehingga membuat Si Kecil terbatuk-batuk.

Klik halaman berikutnya untuk tahu tips menyusui 24 jam pertama setelah melahirkan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 teknik menyusui bayi baru lahir.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI 24 JAM PERTAMA SETELAH MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!