sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Sukses Menyusui untuk Bunda Pemilik Puting Lebar

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 14 May 2020 09:44 WIB
Tips Sukses Menyusui untuk Bunda Pemilik Puting Lebar caption
Jakarta - Puting yang lebar sebenarnya memudahkan Bunda untuk menyusui. Bunda pun tak perlu khawatir karena proses menyusui tak akan terhambat dengan keberadaan puting berbentuk besar tersebut.

Tapi nyatanya, ada beberapa Bunda yang mengeluhkan kalau puting besar membuatnya kesulitan menyusui. Terutama ketika memasukkan bagian areola ke dalam mulut bayi yang sudah cukup penuh. Sehingga prosesĀ menyusui tak maksimal.


Melansir Very Well Family, puting berbentuk lebar memenuhi rongga mulut si kecil, sehingga mereka tidak dapat mengisap hingga bagian areola payudara. Jika mereka dapat meraihnya, kemungkinan hanya dapat menempel pada puting saja, sehingga proses menyusui belum sepenuhnya tepat.


Meskipun masalah ini cukup merepotkan di awal kelahiran bayi, proses menyusui yang cukup intens akan memperbaiki keadaan. Cara isap bayi yang makin baik, tidak membuatĀ puting lebar milik Bunda jadi kendala menyusui.

Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care.Tips menyusui untuk pemilik puting lebar/ Foto: iStock

Di awal-awal, Bunda memang perlu ekstra sabar karena akan memakan waktu beberapa minggu sampai bayi Bunda memiliki pelekatan yang pas saat menyusui, seperti dikutip dari laman The Alpha Parent.

Agar bayi dapat melakukan pelekatan menyusui dengan benar, pastikan memasukkan seluruh puting dan sedikit areola ke dalam mulutnya. Kemudian, ketika mereka menyusu, mulut akan meremas saluran susu di bawah areola untuk mengeluarkan ASI dari payudara.


"Pastikan bayi Bunda melekat erat ke payudara, sehingga pipi dan dagunya terlihat melekat mulus pada Bunda. Dengan begitu, proses menyusui akan terasa nyaman,"ujar Tamara Hawkins, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman The Bump.

Nah, jangan patah semangat untuk tetap menyusui ya, Bun. Jika masih kesulitan, segera konsultasikan dengan dokter Bunda atau menghubungi konsultan laktasi untuk memeriksa payudara dan puting Bunda. Tetap semangat mengASIhi, Bun!

Bunda, simak juga yuk jenis-jenis puting tidak normal saat meyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi