sign up SIGN UP search


menyusui

Setelah Melahirkan, Coba Lakukan Sendiri Pijat Laktasi di Rumah yuk Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 22 Jul 2022 12:20 WIB
Pijat payudara agar ASI melimpah caption
Jakarta -

ASI merupakan nutrisi yang penting untuk dikonsumsi Si Kecil setelah ia lahir. Untuk itu, Bunda pun perlu menyiapkan diri agar bisa maksimal menyusui bayi. Namun, pada kenyataannya, menyusui tidak semudah yang dibayangkan ya Bunda. 

Tak sedikit Bunda yang akan berhadapan dengan beragam tantangan dalam perjalanannya menyusui bayi, mulai dari payudara bengkak, ASI seret, hingga mastitis.

Namun tak perlu panik ya Bunda, meski lumayan membuat tak nyaman, semua gangguan itu ada solusinya kok, misalnya saya ASI seret bisa diatasi dengan mengonsumsi ASI booster dan ASI seret atau payudara tersumbat bisa diatasi dengan pijat laktasi.


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat AnakBanner Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan agar ASI kembali lancar adalah dengan melakukan pijat laktasi. Dengan gerakan khusus di beberapa titik pada payudara Bunda, akan memperbaiki dan merelaksasi jaringan sehingga ASI akan mengalir lebih lancar.

Bunda bisa mendapatkan pijat laktasi dari terapis khusus, tetapi pijat laktasi yang sederhana bisa dipelajari dan dilakukan sendiri di rumah kok. Bagaimana cara pijat laktasi mandiri di rumah? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Pengertian pijat laktasi 

Pijat laktasi adalah teknik yang dapat dilakukan oleh ibu baru melahirkan dan ibu yang sedang menyusui untuk memperlancar produksi ASI.

Tentunya kita semua tahu bahwa ASI merupakan nutrisi dan asupan yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Nah, pijat laktasi dapat memicu keluarnya hormon oksitosin yang berperan penting dalam proses pengeluaran ASI.

ASI yang tidak lancar tentunya dapat mengganggu proses pemberian ASI pada buah hati. Bunda tidak perlu khawatir karena dapat melakukan cara pijat laktasi mandiri. Saat payudara ibu bengkak, ibu juga dapat melakukan pijat laktasi untuk mengurangi bengkak dan sakitnya.

Manfaat pijat laktasi untuk ibu menyusui

Beberapa manfaat pijat laktasi bagi ibu menyusui adalah:

1. Relaksasi bagi ibu menyusui
2. Memperlancar dan memperbanyak produksi ASI
3. Mengurangi mastitis, infeksi pada saluran payudara
4. Mengurangi nyeri pada payudara ketika menyusui
5. Pelekatan mulut bayi pada puting susu lebih mudah
6. Mencegah payudara kendur
7. Menjaga kualitas ASI

Cara melakukan pijat laktasi di rumah

Selama melakukan pijat laktasi, ibu harus rileks dan tidak terburu-buru, sediakan waktu minimal 15 menit untuk pijat laktasi. Sebelum melakukan pijat laktasi, ibu harus memastikan bahwa tangan bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir terlebih dahulu.

Selanjutnya kompres kedua payudara dengan lap yang direndam air hangat agar lebih rileks dan bersihkan area sekitar puting. Untuk mengurangi rasa sakit dan kurang nyaman, ibu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Lalu ibu bisa mulai melakukan cara-cara berikut ini:

1. Gerakan memutar

Carilah posisi yang Bunda rasakan nyaman, bisa duduk atau berdiri di depan cermin. Tuangkan minyak pada telapak tangan dan angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri, kemudian tahan bagian atas payudara dengan tangan kanan, setelah itu lakukan gerakan memutar dengan arah yang berlawanan sebanyak 20 kali.

2. Gerakan naik turun

Setelah melakukan gerakan pertama, tuangkan kembali minyak pada telapak tangan. Letakkan telapak tangan di samping payudara Bunda, lalu gerakkan tangan naik dan turun secara bergantian. Contohnya apabila tangan kiri Bunda bergerak naik, tangan kanan Bunda bergerak ke bawah, begitu juga sebaliknya.

3. Memijat area sekitar puting

Bila ASI terhambat, biasanya akan ditemukan sumbatan pada area putin sehingga Bunda bisa mencoba melakukan pijatan ini. Angkat salah satu payudara dengan tangan kiri, lalu posisikan 4 jari tangan kanan pada bagian atas puting payudara.

Buat gerakan melingkar pada area tersebut hingga terasa melunak karena sumbatan berkurang. Bunda bisa melakukan pijatan ini berulang secara perlahan selama 20 kali hingga terasa sumbatan menghilang.

4. Memijat area sekitar ketiak

Tuang minyak pada telapak tangan kemudian pijat secara lembut mulai dari bagian bawah ketiak, dilanjutkan ke belahan dada hingga menuju puting. (PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 langkah pijat payudara yang bisa ia lakukan sejak hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!