sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Masih Keluar Padahal Anak Sudah Disapih, Bagaimana Mengatasinya?

Kinan Senin, 01 Jun 2020 16:02 WIB
Mom breastfeeds her baby at home caption
Jakarta -

Selain harus menghadapi kerewelan anak, saat menyapih Bunda juga perlu mencari siasat tepat untuk pelan-pelan mengurangi produksi ASI.

Ini karena jika tidak, Bunda jadi lebih rentan mengalami peradangan alias mastitis. Gejalanya termasuk payudara bengkak, nyeri dan bahkan demam.

Nah, apa yang harus dilakukan jika ASI masih terus keluar padahal anak sudah disapih, ya? Berikut tips-tipsnya:


1. Minum teh daun sage

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed Central, daun sage dapat membantu. Gunakan sage yang sudah diproses dalam bentuk bubuk, lalu seduhkan satu sendok makan bubuk sage seperti teh, lalu minum 1-2 kali sehari.

Perhatikan jika detak jantung terasa meningkat, segera hentikan dan konsultasikan pada konsultan laktasi.

2. Minum teh peppermint

Selain sage, tanaman herbal lain yang bisa membantu mengurangi produksi ASI yakni peppermint. Daun ini menghasilkan estrogen tinggi dalam tubuh, sehingga mengurangi produksi ASI.

3. Tetap bersabar kurangi frekuensi menyusu

ilustrasi menyusuiIlustrasi menyusui. (Foto: iStock)

Dikutip dari Healthline, produksi ASI sebenarnya secara alami akan menurun saat Bunda tak lagi menyusui. Namun proses ini butuh waktu. Selama periode peralihan ini, tetap bersabar dan jika perlu perah ASI seperlunya dengan tangan agar tidak terlalu bengkak.

4. Kompres dengan es

Jika suplai ASI terasa mulai membuat payudara terasa nyeri dan bengkak, redakan keluhannya dengan mengompres menggunakan es. Hindari juga pemakaian bra yang ketat karena bisa membuat Bunda semakin tidak nyaman.

5. Konsumsi obat sesuai anjuran dokter

Jika Bunda terbiasa minum pil KB kombinasi, perubahan hormonal yang terjadi diketahui salah satu efeknya adalah penurunan produksi ASI.

Obat-obatan jenis lain juga diketahui ada yang bisa memengaruhi produksi ASI, namun untuk ini diperlukan konsultasi dan resep dari dokter. Jangan minum sembarangan obat tanpa konsultasi dokter, ya.

Demikian beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi kelebihan produksi ASI setelah menyapih. Ada yang pernah Bunda coba lakukan?

Simak juga kisah para seleb yang ajarkan anak cara menyapih sendiri dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi