sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Seret Sering Bikin Cemas? 11 Hal Ini Bisa Jadi Salah Satu Penyebabnya Lho

Inkana Putri Kamis, 07 Jan 2021 10:23 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Masalah ASI seret sering sekali dialami oleh banyak ibu menyusui. Bahkan, tak jarang kondisi ini membuat Bunda stress dan khawatir akan kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Pada umumnya, ada banyak hal yang menjadi penyebab produksi ASI seret mulai dari masalah kesehatan hingga pemilihan gaya hidup. Oleh karena itu, saat produksi ASI Bunda sedikit, jangan dulu merasa khawatir.

Ada baiknya Bunda cari tahu dahulu apa yang menjadi penyebab ASI seret sehingga Bunda bisa mencari solusinya. Berikut penyebab ASI seret yang sering terjadi pada ibu menyusui seperti dikutip dari Today's Parent dan Verywell Family.


1. Kelelahan

Usai melahirkan, menyusui dan mengurus Si Kecil tentu melelahkan. Kelelahan pascapersalinan dan kekurangan energi juga dapat mengganggu proses menyusui, serta mengurangi produksi ASI. Oleh karena itu, Bunda juga perlu menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup.

2. Stres

Stres fisik, emosional, dan psikologis dapat mengurangi suplai ASI. Saat menyusui, Bunda mungkin akan khawatir atau pusing memikirkan perkataan orang lain soal produksi ASI yang sedikit. Padahal, hal ini justru bisa menjadi pemicu ASI seret.

Penyebab stres lain seperti rasa cemas, sakit, masalah ekonomi, dan masalah hubungan juga dapat membuat produksi ASI lebih rendah. Jadi, sangat penting sekali bagi Bunda untuk bisa mengelola stress selama menyusui.

3. Jaringan kelenjar tidak mencukupi

Bunda perlu tahu, tidak semua payudara wanita berkembang secara normal dan mungkin tidak memiliki cukup kelenjar 'penghasil susu' untuk memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil.

Kelenjar menyusui memang tumbuh setiap kehamilan dan aktivitas menyusui dapat merangsang pertumbuhan lebih banyak saluran dan jaringan. Untuk memaksimalkan produksi ASI, Bunda bisa memompa ASI secara manual atau meminum suplemen sesuai anjuran dokter.

4. Masalah hormon dan penyakit

Beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, atau masalah hormonal lainnya dapat membuat wanita sulit untuk hamil dan menyebabkan suplai ASI rendah.

Dalam beberapa kasus, pengobatan masalah kesehatan bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Bunda juga bisa mengunjungi dokter konsultan laktasi untuk mengetahui masalah secara spesifik.

Cari tahu faktor penyebab produksi ASI seret di halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga tips meningkatkan produksi ASI dalam video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki



(som/som)
Diet yang salah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi