sign up SIGN UP search


menyusui

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyapih Anak?

Siti Hafadzoh Rabu, 13 May 2020 08:04 WIB
menyusui caption
Jakarta - Menyusui memiliki manfaat besar bagi ibu maupun bayinya. Sebagian besar organisasi kesehatan merekomendasikan memberi ASI pada bayi paling tidak selama 1 tahun.

Enam bulan pertama, Bunda perlu menyusui bayi secara eksklusif sampai ia dikenalkan dengan makanan padat. Setelah satu tahun, Academy of American Pediatric (AAP) merekomendasikan lanjut menyusui sesuai keinginan Bunda dan si kecil.


Bunda bisa menyapih anak ketika mereka sudah mulai mengonsumsi makanan padat. Menyapih berbeda-beda tergantung dengan usia bayi dan keadaan seperti apa yang dihadapi.


Dikutip dari Healthline, sebenarnya tidak ada batasan usia yang tepat untuk berhenti menyusui. Keputusan menyapih tergantung pada Bunda dan bayi.

Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care.Ilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Namun, berdasarkan data, anak dengan sendirinya akan berhenti menyusu pada usia 2,5 sampai 7 tahun. Perlu diketahui, tidak semua ibu mau menyusui selama itu.

Ketika Bunda merasa diri sendiri dan si kecil siap, mulailah secara perlahan. Menurut dr.Meta Hanindita, Sp.A, umur anak hanya sedikit berpengaruh dalam kemudahan menyapih dibandingkan kesiapannya.


"Kalau ibu mulai menyapih, semakin dekat pula waktu batita dapat disapih sepenuhnya," ujar Meta dalam bukunya Mommycolpedia Panduan Lengkap Merawat Batita.

Jadi, lakukan secara perlahan serta ketika Bunda dan anak sama-sama siap ya.

Ikuti tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi