sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 5 Tips Seimbangkan Menyusui dan Memompa ASI

Siti Hafadzoh Selasa, 09 Jun 2020 10:51 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Sekarang, beberapa kantor sudah mulai masuk kerja lagi, sebagian Bunda juga mungkin sudah mulai beraktivitas di luar rumah. Nah, ibu menyusui tentunya perlu memompa ASI untuk stok asupan si kecil selama Bunda berada di luar rumah.

Walaupun Bunda masih kerja di rumah, tidak ada salahnya menyiapkan stok ASI perah (ASIP). Jadi, ketika harus kembali ke kantor, Bunda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan stok ASIP untuk bayi.

Menurut pakar laktasi, dr. Ameetha Drupadi, CIMI, Bunda bisa kok menyusui dan memompa ASI di waktu yang bersamaan. Bagaimana caranya?


"Saat menyusui di payudara kiri, Bunda memompa di payudara kanan. Jadi bisa sekaligus bersamaan, sebelah kanan disusui, sebelah kiri dipompa, atau setelah menyusui baru dipompa," jelas Ameetha, dikutip dari YouTube channel Ameetha Drupadi.

Nah, berikut ini dilansir Firstcry Parenting, 5 tips seimbangkan menyusui dan pompa ASI:

1. Pumping setelah menyusui

Pumping setelah menyusui merupakan hal yang perlu Bunda lakukan. Bunda harus menyusui si kecil sebelum ia menangis karena lapar. Bunda dapat memompa ASI 30-45 menit setelah menyusui.

2. Lanjut menyusui sesuai keinginan bayi

Menyusui bayi sesuai permintaannya penting karena semakin banyak Bunda memompa dan menyusui, jumlah ASI akan semakin banyak. Bahkan, ketika memompa ASI Bunda harus terus menyusui setiap beberapa jam, setidaknya satu kali semalam.

Bunda juga bisa memompa ASI sambil menyusui. Minta bantuan suami untuk menggendong bayi ketika Bunda sedang memompa ASI.

3. Hindari stres

Stres tidak akan menyelesaikan masalah, Bunda. Jadi, coba untuk tetap tenang dan menghindari stres.

Stres dapat menyebabkan Bunda gagalĀ memompa ASI lho. Stres dapat mengurangi pasokan ASI dan memengaruhi hormon yang berkaitan dengan menyusui.

Jadi, temukan tempat yang tenang untuk memompa ASI. Mengompres dan memijat payudara dengan air hangat juga dapat membantu, Bunda.

4. Pumping di pagi hari

Sebagian besar wanita lebih memilih untuk memompa ASI di pagi hari. Pumping di pagi hari terbukti menghasilkan ASI yang jumlahnya lebih banyak lho.

5. Santai dan tetap terhidrasi

Cobalah untuk santai dengan mendengarkan musik, bernyanyi, bermeditasi, dan apa pun yang membuat bahagia. Ini akan membuat menyusui dan memompa ASI menjadi lebih menyenangkan.

Jangan lupa juga minum banyak cairan agar tetap terhidrasi. Air hangat, jus, dan susu dapat menjadi pilihan minuman yang sehat untuk memenuhi kebutuhan cairan Bunda.

Lihat juga tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi