sign up SIGN UP search


menyusui

Pentingnya Dukungan untuk Bunda yang Kesulitan di Awal Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 11 Jun 2020 09:57 WIB
Love and motherhood caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang, menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Apalagi, di fase awal ketika ASI belum keluar. Ini merupakan masa terberat yang menjadi tantangan bagi semua Bunda yang menyusui.

Mengingat sulitnya fase tersebut, sebagian besar para ahli sepakat penting sekali untuk mendukung dan memberi dorongan pada ibu menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang disusui secara keseluruhan lebih sehat daripada bayi yang diberi susu formula, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.

"Rumah sakit yang ramah terhadap bayi akan meningkatkan menyusui dan ibu yang menyusui lebih mungkin berhasil," ujar Julie Ware, MD, seorang dokter anak di Center for Breastfeeding Medicine di Cincinnati Children's Hospital Medical Center di Ohio.


Dukungan dari rumah sakit yang mendorong pemberian ASI, tentu saja menjadi bagian penting dari kesuksesan para Bunda menyusui buah hatinya. Untuk itu, kebijakan rumah sakit yang mendorong para Bunda untuk menyusui buah hatinya menjadi tren positif yang perlu untuk didorong bersama-sama. Apalagi, masa-masa menyusui tidaklah mudah sehingga semua pihak perlu memberikan support kepada para Bunda yang menyusui.

Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free spaceDukungan untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images

Melansir Huffpost, menyusui memang dianggap sebagai 'hal suci' yang membuat seorang ibu dicap sempurna. Sedangkan bagi wanita yang tidak 'sukses' cenderung menyalahkan dirinya sendiri dan merasa gagal. Padahal kenyataannya, menyusui tidak datang secara alami atau mudah dilalui bagi seorang Bunda.

Adakalanya, menyusui sangatlah menyakitkan. Dan kebanyakan seorang calon Bunda cenderung bersiap untuk persalinan dan kurang memikirkan apa yang terjadi setelahnya. Karena itu, ini merupakan komitmen yang cukup besar. Butuh waktu dan kesabaran untuk menjalin hubungan menyusui dengan buah hati Bunda.

Walau tak sesederhana yang dipikirkan, sebaiknya Bunda memang tidak cepat menyerah dengan berbagai tantangan yang menghadang. Ingatkan diri Bunda bahwa waktu bersama bayi merupakan kemewahan yang tidak semua Bunda mendapatkannya.

Dan ingatlah pula bahwa payudara Bunda bukan lagi milik Bunda semata. Payudara Bunda menjadi mekanisme untuk memberikan makan bagi buah hati yang sangat penting. Untuk itu, teruslah melakukan berbagai upaya dan menghibur diri agar perjalanan panjang menyusui ini membahagiakan.

Tetap semangat mengASIhi ya, Bunda!

Masalah menyusui juga sempat dialami Marissa Nasution lho, Bunda. Simak ceritanya berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi