sign up SIGN UP search


menyusui

4 Olahraga yang Bisa Bunda Coba untuk Mengencangkan Payudara Usai Menyusui

Annisa Afani Rabu, 08 Jul 2020 19:50 WIB
Ilustrasi Olahraga caption
Jakarta -

Bentuk payudara akan berubah seiring dengan berjalannya waktu dan beberapa faktor, seperti pengaruh gravitasi, kehamilan dan menyusui. Hal itu akan membuat payudara menjadi kendur dan turun.

Cara alami apapun yang dilakukan, dikutip dari Healthline, tidak akan mengembalikan ukuran dan bentuk asli payudara. Namun beberapa cara tertentu bisa menaikkan, memperbaiki penampilan dan mengencangkannya.

Salah satunya adalah olahraga. Beberapa jenis olahraga dada disarankan untuk meningkatkan kekuatan otot dan juga postur tubuh. Dikutip dari Beauty Health Tips, berikut empat olahraga yang disarankan:


1. Yoga

Ada beberapa pose tertentu yang dapat membantu untuk menghentikan payudara mengendur, lho Bunda. Pose ini membantu mengencangkan tubuh bagian atas dan juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pose tersebut, yakni:

Pose kobra atau bhujangasana

Untuk melakukan bhujangasana, Bunda perlu berbaring dengan telungkup dan merentangkan kaki ke belakang. Kedua kaki harus saling menyentuh tetapi tidak tumpang tindih.

Letakkan tangan di samping bahu dan angkat tubuh bagian atas. Pada posisi terakhir, Bunda harus menatap langit-langit.

Tahan posisi selama beberapa saat, kemudian turunkan tubuh kembali di lantai secara perlahan. Ulangi setidaknya tiga kali dalam sekali duduk, dan pastikan melakukannya dengan perlahan serta fokus pada kesempurnaan pose ini.

Pose unta atau ustrasana

Untuk melakukan ustrasana, Bunda harus berlutut di lantai. Kaki harus direntangkan ke arah belakang dan saling terpisah. Selanjutnya, tekuk tubuh Bunda ke belakang dan sentuh tumit kaki dengan tangan.

Pada posisi akhir, tubuh Bunda harus meregang ke belakang. Tahan selama beberapa saat, kemudian gerakkan tubuh bagian atas ke depan untuk mencapai posisi awal secara perlahan. Ulangi pose ini setidaknya tiga kali dalam satu kali duduk.

2. Berenang

Untuk mengencangkan payudara, Bunda memang harus mencoba berbagai cara untuk mencapainya. Cara selanjutnya yang dapat dicoba ialah dengan berenang, Bunda.

ilustrasi berenangIlustrasi berenang/ Foto: ilustrasi/thinkstock

Saat berenang, kita akan menggunakan kedua tangan untuk melakukannya, dan ini dapat membantu mengencangkan jaringan payudara. Cobalah berenang selama setengah hingga 1 jam setiap hari untuk mendapat payudara yang menarik dan kencang.

3. Angkat beban

Latihan angkat lengan atau beban menggunakan dumbbell dapat Bunda lakukan dengan mudah saat di rumah. Ini adalah salah satu olahraga tangan bebas yang dapat diadopsi oleh seluruh individu, baik pria maupun wanita untuk tetap bugar.

Untuk melakukannya, Bunda harus berdiri tegak lalu mengangkat lengan ke atas dan mencoba meregangkan lengan sejauh mungkin sehingga ujung jari menunjuk ke atas. Sementara itu, tahan posisi ini selama 20 detik, kemudian turunkan kembali tangan secara perlahan.

Agar Bunda mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk mengulangi proses ini sebanyak 2-3 kali per sesi, 3 sesi per hari, setiap pagi, siang dan malam.

4. Push-up

Ini adalah salah satu latihan terbaik untuk mengencangkan payudara dan tentunya dapat Bunda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke gym. Lakukan latihan ini sebanyak tiga kali dalam sehari sebanyak mungkin ya, Bunda. Pastikan juga agar lantai di mana Bunda melakukannya tidak licin.

Selain melakukan olahraga, hal lain yang perlu Bunda perhatikan adalah gunakan bra yang mendukung dan mencegah payudara mengendur, jaga postur tubuh tetap tegak. Di samping itu, jaga tubuh supaya tetap terhidrasi dan pertahankan pola makan sehat serta konsumsi nutrisi penting.

Bunda, simak juga bahaya mencabut bulu halus yang ada di sekitar payudara dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi