sign up SIGN UP search


menyusui

4 Resep Tradisional untuk Mengencangkan Payudara Pasca Menyusui

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 18 Dec 2021 17:29 WIB
ilustrasi payudara caption
Jakarta -

Setelah selesai menyusui, Bunda mungkin akan mendapati adanya perubahan bentuk pada payudara. Perubahan ini sebenarnya sudah terjadi sejak masa awal kehamilan, masa menyusui, dan pasca menyusui.

Pastinya bentuk payudara tidak lagi sekencang ataupun seelastis saat Bunda masih gadis ya. Namun, tidak perlu khawatir karena ada resep tradisional mengencangkan payudara yang bisa dicoba.

Resep Tradisional untuk Payudara yang Kencang

Payudara yang mengendur pasca melahirkan dapat disebabkan karena penurunan berat badan yang berlangsung drastis setelah kelahiran anak. Selain itu juga ada perubahan karena saat Bunda menyusui, payudara akan terasa lebih besar dan berat karena berisi ASI. Namun, saat Anda tidak lagi memproduksi ASI kondisi payudara bisa kembali mengendur.


Banner Resep Masakan Rp20 ribuFoto: HaiBunda/Mia

Untuk kaum perempuan, payudara yang tidak lagi kencang tentu mengurangi rasa percaya diri. Ada saja rasa minder karena menganggap penampilan Bunda menjadi kurang menarik lagi. Bila dibiarkan, hal ini bisa mengganggu kesehatan Bunda Anda sebagai seorang wanita.

Solusinya bukanlah langsung menuju ke dokter bedah plastik, Bun. Kita coba dulu yuk dengan resep alami mengencangkan payudara berikut ini:

1. Resep mentimun dan kuning telur

Mentimun dan kuning telur bisa dicampur untuk membuat masker alami payudara. Aplikasikan masker alami ini di sekitar payudara dan biarkan selama 30 menit. Mentimun akan bekerja mengencangkan kulit payudara, sedangkan kuning telur dengan kandungan proteinnya membantu memperkuat jaringan payudara agar kembali kencang.

2. Resep putih telur, yoghurt, dan madu

Ketiga bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk resep alami mengencangkan payudara. Bunda bisa membuatnya menjadi masker dengan takaran satu putih telur, satu sdm yoghurt, dan madu secukupnya. Oleskan pada payudara secara merata dengan gerakan memutar. Diamkan lalu bilas dengan air dingin sampai bersih

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dengan kandungan alami di dalamnya juga menjadi resep tradisional mengencangkan payudara yang patut dicoba. Antioksidan dan asam lemak di dalam minyak zaitun bekerja memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas.

Perawatan rutin ini juga akan membantu meningkatkan tekstur dan warna kulit di area payudara. Pijat payudara menggunakan minyak zaitun selama 15 menit sebanyak empat kali dalam seminggu.

4. Gel lidah buaya

Resep alami mengencangkan payudara lainnya menggunakan gel lidah buaya. Gel alaminya memiliki sifat yang mampu mengembalikan elastisitas payudara agar tidak kendur. Kandungan antioksidannya juga efektif mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat ini bisa Bunda peroleh dengan mengaplikasikan gel lidah buaya ke area payudara sembari memijat lembut. Pijat dengan gerakan melingkar kurang lebih selama 10 menit. Diamkan lalu bilas menggunakan air hangat. Perawatan ini baik dilakukan berulang empat kali seminggu agar mendapat hasil memuaskan.

Itulah beberapa resep tradisional mengencangkan payudara yang bisa Bunda coba di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan relatif mudah didapatkan dan resep pun simpel dibuat.

Empat resep ini juga akan menjaga elastisitas payudara agar tetap kencang dan menarik di depan pasangan. Tentu ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri Bunda, bukan? (PK)

Simak juga video berikut mengenai alasan bayi menolak ASI.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!