sign up SIGN UP search


menyusui

5 Bahan Alami Bikin Payudara Kencang Setelah Menyusui

Annisa Afani Rabu, 08 Jul 2020 12:04 WIB
Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free space caption
Jakarta -

Bagi setiap wanita, memiliki bentuk payudara yang kencang dan menarik adalah impian. Namun dalam beberapa alasan, misalnya karena hamil dan menyusui menyebabkan bentuk payudara menjadi berubah.

Tak heran ibu hamil kadang khawatir tentang bentuk dan ukuran payudara mereka setelah menyusui. Itu karena setelah hamil dan menyusui, payudara cenderung mengempis, turun, mengendur dan kehilangan bentuknya.

Meski demikian, ibu secara alami bisa mendapatkan kembali penampilan payudara menjadi lebih baik dan kencang dengan melakukan beberapa kebiasaan. Dikutip dari Healthline, Bunda bisa memperhatikan makanan sehat yang mengandung buah-buahan segar, sayuran, dan protein tanpa lemah.


Di samping itu, gunakan bra yang tepat untuk menjaga agar payudara tertopang dan terangkat dengan baik serta perhatikan posisi yang tepat saat menyusui dengan cara duduk tegak atau menggunakan bantal menyusui. Selain itu, Bunda juga bisa melakukan olahraga yang fokus menguatkan otot dada dan memijat payudara.

Memijat payudara, lalu membersihkan atau menyiram payudara secara bergantian antara air panas dan dingin membantu membuat otot menjadi fleksibel karena meningkatkan sirkulasi darah. Nah, saat memijat payudara, Bunda bisa menggunakan bahan alami.

Dikutip dari Beauty Health Tips, berikut ini 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengencangkan payudara secara alami:

1. Minyak zaitun

Cara pertama yang mungkin dapat Bunda coba, yakni dengan melakukan pijatan menggunakan minyak zaitun. Ini adalah salah satu dari cara terbaik untuk mengurangi masalah payudara kendur yang dilakukan secara alami dan tidak memiliki efek samping.

Minyak zaitun mengandung asam lemak dan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas, Bunda. Ini juga dapat membantu memperbaiki kulit dan teksturnya.

Prosesnya yang dilakukan pun sangat sederhana. Bunda perlu mengambil sedikit minyak zaitun dan gosokkan pada payudara dengan lembut dengan gerakan ke atas sampai menghasilkan rasa hangat. Bunda harus memijat konstan selama 15 menit, sehingga akan meningkatkan aliran darah dan memperbaiki kerusakan sel. Lakukan ini 4-5 kali seminggu agar Bunda mendapat hasil maksimal.

2. Kuning telur dan mentimun

Ini adalah salah satu resep yang bisa Bunda gunakan untuk membantu memperbaiki bentuk payudara secara alami, yakni dengan mencampurkan mentimun dan kuning telur menjadi pasta.

Kuning telur kaya vitamin dan protein. Sedangkan mentimun memiliki sifat yang dapat mengencangkan kulit secara alami.

Jika Bunda menggunakan pasta ini secara teratur, akan membantu mengurangi kendurnya payudara. Gunakan pasta ini untuk dibalurkan pada payudara sambil dipijat. Biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan air dingin dan ulangi seminggu sekali ya, Bunda.

3. Es batu

Pijat menggunakan es batu dianggap sangat bermanfaat untuk mencegah payudara kendur. Dampak dari dinginnya es menyebabkan jaringan payudara berkontraksi, meningkatkan sirkulasi darah dan mempertahankan kekencangan dan meremajakan kulit.

Trik Tepat Isi Air Untuk Es BatuEs batu/ Foto: iStock

Ambil beberapa es batu dan pijat dengan gerakan memutar selama 30 menit. Lakukan dalam posisi berbaring selama setengah jam, dan Bunda dapat mengulangi treatment ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Lidah buaya

Lidah Buaya dipercaya juga dapat membantu mengencangkan payudara karena memiliki sifat mengencangkan kulit secara alami dan mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Caranya, oleskan sedikit gel lidah buaya pada payudara dan pijat dengan gerakan memutar selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi cara ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

5. Yogurt dan timun

Masker payudara terbuat dari yogurt dan mentimun perlu dicoba juga, Bunda! Pertama, Bunda perlu mengekstrak mentimun, kemudian campurkan pada setengah cangkir yogurt. Sebagai pilihan, Bunda juga bisa menambahkan madu, lho.

Campurkan seluruh bahan dan aduk hingga merata. Sekarang, pasta tersebut bisa Bunda oleskan sebagai masker pada payudara dan biarkan selama setengah jam hingga bahan menyerap.

Selamat mencoba, semoga bisa berhasil ya, Bunda!

Bunda, simak juga gerakan yang dapat mengencangkan payudara dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi