sign up SIGN UP search


menyusui

Bisakah Mengencangkan Payudara Alami dalam Seminggu? Ini Penjelasannya

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 10 Jun 2022 12:31 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption

Memiliki payudara yang kencang mungkin adalah impian bagi semua perempuan, termasuk Bunda. Payudara yang kencang akan membuat Bunda lebih percaya diri. Tapi, ada beberapa faktor yang membuat payudara tidak lagi kencang.

Setiap orang akan mengalami penuaan, dan itu akan sangat berpengaruh ke payudara. Penuaan akan membuat payudara kendur. Tapi bukan hanya itu penyebab kendurnya payudara. Ada beberapa alasan lain mengapa payudara bisa kendur.

Beberapa penyebabnya antara lain adalah kurang tidur, gaya hidup yang tidak sehat, hingga penurunan berat badan secara mendadak.


Namun, Bunda tidak perlu khawatir dengan payudara yang kendur. Ada cara untuk kembali mengencangkan payudara bahkan dalam waktu yang singkat, yakni hanya dalam satu minggu. Bagaimana caranya ya?

Sebelum tahu caranya, kita ketahui dahulu lebih dalam yuk tentang payudara yang kendur.

Kenapa payudara bisa kendur?

Menurut Web MD, payudara kendur bisa disebut sebagai ptosis payudara. Kondisi ini sangat umum dirasakan oleh banyak perempuan, karena sebagaimana bagian tubuh lainnya, payudara akan berubah seiring menuanya umur.

Nah, ptosis payudara atau payudara yang kendur ini adalah kondisi di mana payudara Bunda terlihat lebih rendah di dada. Selain itu, puting susu juga mungkin akan mengarah ke bawah juga. Bagian atas payudara juga tidak terlihat penuh seperti semula.

Beberapa hal yang mungkin perlu Bunda ketahui adalah kendurnya payudara atau ptosis payudara ini memiliki beberapa tingkatan. Tingkatan ini akan diukur dari posisi puting dan kaitannya dengan lipatan payudara.

  • Jika puting ada di atas lipatan payudara, maka itu bisa dianggap normal. Tapi jika puting rata dengan lipatan payudara, itu adalah tingkatan pertama dari ptosis payudara. 
  • Tingkat kedua dari ptosis payudara adalah ketika puting berada di bawah lipatan.
  • Dan terakhir, tingkat ketiga dari ptosis payudara adalah ketika puting susu mengarah ke bawah.

Namun, ini bukan berarti darurat. Ini adalah hal yang sangat normal terjadi, sehingga tidak perlu Bunda khawatirkan.

Cara mengencangkan payudara secara alami

Apabila Bunda sedang mencari cara untuk mengencangkan payudara secara alami, memang ada beberapa langkahnya. Berikut adalah caranya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Menurunkan atau menjaga berat badan

Salah satu penyebab dari kendurnya payudara adalah akibat gaya hidup dan membuat berat badan turun atau naik secara drastis. Maka langkah pertama yang Bunda bisa lakukan adalah menurunkan atau menjaga berat badan.

Rajin workout

Kalau Bunda sudah mendaftar kelas di gym, atau mulai rutin berolahraga, maka Bunda sudah berada satu langkah lebih maju untuk mengencangkan payudara.

Sekarang, Bunda bisa fokus untuk menguatkan otot tubuh bagian atas. Salah satu cara untuk menguatkan otot bagian atas itu adalah dengan push-up. Menurut American College of Sports Medicine, setidaknya dua kali seminggu sudah cukup untuk membuat payudara kembali kencang.

Pakai bra yang cocok

Ketika Bunda melakukan workout atau beraktivitas sehari-hari, pastikan Bunda menggunakan bra yang cocok. Sebab desain bra akan sangat memengaruhi adanya rasa nyeri saat beraktivitas, terutama saat berolahraga.

Breast Research Australia menyebut, 70 persen wanita di dunia menggunakan bra yang salah.

Pijat dengan minyak kelapa

Selain berolahraga, Bunda juga bisa mencoba cara memijat payudara dengan minyak kelapa. Bunda bisa memijatnya dengan searah jarum jam, lalu berlawanan dengan arah jarum jam.

Minyak kelapa juga bisa memperkuat jaringan payudara dan menghilangkan stretch mark lho, Bunda. 

Pijat dengan menggunakan es

Selain dengan minyak kelapa, Bunda juga bisa mencoba memijat payudara dengan es lho. Mungkin ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dari Bunda, tapi pijat dengan es termasuk cara yang efektif untuk mengencangkan otot payudara.

Bunda bisa memijat payudara dengan es dengan gerakan melingkar sekitar satu hingga dua menit. Gerakan ini akan membantu mengencangkan otot dan melawan selulit di area yang dipijat.

Itulah penyebab payudara kendur dan cara mengencangkan payudara secara alami. Jika Bunda merasa sangat khawatir tentang kondisi Bunda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

 

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!