sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mengencangkan Payudara yang Alami, Bukan dengan Pasta Gigi

Dewi Ratna Jumat, 19 Nov 2021 20:05 WIB
Portrait of an attractive young woman brushing her teethhttps://195.154.178.81/DATA/i_collage/pi/shoots/783515.jpg caption

Jagat YouTube pernah dibikin heboh karena video unggahan sebuah channel yang membagikan cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi. Video itu sudah ditonton lebih dari 9 juta kali.

Dalam video yang diunggah pada awal 2018 itu, pemilik channel membuat pasta buatannya sendiri, yang merupakan campuran pasta gigi, tepung, mentimun, dan putih telur. Campuran ini kemudian dipijatkan ke dadanya, dan dia mengklaim bahwa itu adalah cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi.

Namun Bunda perlu tahu bahwa mengoleskan pasta gigi pada payudara tidak akan membuatnya kencang maupun menjadi lebih besar. Perlu diingat bahwa penuaan tidak dapat dihindari oleh siapa saja, tapi ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan, yang bisa membantu mengurangi kendur pada payudara, seperti berikut ini:


1. Berolahraga

Payudara berada di atas otot dada, yang sangat penting untuk kekuatan dan fungsi lengan. Namun ketika Bunda banyak berolahraga hingga otot dada jadi kuat, itu tak akan mengubah struktur payudara yang terbentuk dari jaringan kelenjar atau lemak, bukan otot.

Meski demikian, memperkuat otot dada yang dibarengi dengan latihan pada otot punggung, bahu, dan core, dapat membantu mengurangi tampilan payudara yang kendur, dengan cara memperbaiki postur. Selain itu olahraga teratur juga membantu mempertahankan berat badan yang konsisten, yang bisa mencegah perubahan bentuk payudara.

Sebagai catatan, berolahraga bukan cara mengencangkan payudara yang secara nyata membuatnya kencang. Namun setidaknya cara ini dapat membuat payudara terlihat kencang.

2. Makanan sehat

Tidak ada bukti kuat yang menghubungkan antara diet dengan payudara yang kendur. Namun beberapa ahli kesehatan percaya bahwa mengonsumsi banyak makanan yang kaya antioksidan seperti buah dan sayuran, dapat menjaga kulit tetap kenyal dan mengurangi munculnya keriput dan kendur.

Bunda harus menghindari diet ekstrem yang dapat memperlambat metabolisme, sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang tidak proporsional. Ketika Bunda kehilangan banyak berat badan, pada umumnya kulit tidak bisa kencang kembali setelah lemak di bawahnya hilang.

Jadikan diet sebagai pilihan untuk kesehatan saja, bukan sebagai cara mengencangkan payudara. Ingat untuk tetap terhidrasi agar elastisitas alami kulit tetap terjaga.

3. Kurangi pemakaian bra

Bunda mungkin berpikir bahwa mengenakan bra akan mencegah ligamen pada payudara meregang dan dapat membantu mempertahankan kekencangannya. Namun pada sebuah penelitian di Prancis pada 2013 diperoleh bukti bahwa bra justru mendorong kendurnya payudara dengan cara melemahkan jaringan ikat yang mendukung payudara.

Memakai bra memang perlu, untuk mempertahankan postur tubuh tetap tegak. Ada beberapa hal yang bisa dikaitkan dengan kenyamanan dan penampilan payudara yang lebih baik dari kebiasaan memakai bra. Namun tak ada bukti bahwa bra dapat melindungi payudara Bunda dari kekenduran.

Pada intinya, bra memang bisa menyangga dan menaikkan payudara secara sementara, tapi itu bukan cara mengencangkan payudara atau perbaikan permanen.

4. Perhatikan posisi tidur

Tidur miring dapat menyebabkan payudara kendur seiring berjalannya waktu. Posisi payudara seperti menjuntai saat Bunda tidur dengan posisi miring, dan dapat menyebabkan ligamen meregang. Selain itu, tidur miring juga dapat menyebabkan mudahnya muncul kerutan pada wajah yang menempel pada bantal.

Tidur telentang disebut-sebut dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Karena payudara ditopang sepenuhnya di dada, ini bisa membantu mempertahankan bentuknya. Bunda bisa mencoba untuk mulai lebih sering tidur telentang, bukan sebagai cara mengencangkan payudara, tapi sebagai upaya untuk menjaga bentuknya.

5. Hindari terlalu sering terpapar matahari

Sama seperti antioksidan yang dapat menjaga kulit tetap kenyal dan elastis, bahan kimia berbahaya yang disebut radikal bebas bida merusaknya dan mempercepat munculnya kerutan dan kekenduran. Salah satu sumber utama radikal bebas adalah sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat memecah lapisan serat selastin kulit yang melar. Semakin banyak paparan sinar matahari, semakin banyak pula kerusakan akibat radikal bebas yang juga memengaruhi kekencangan payudara Bunda.

Dari penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa memang tak ada cara yang alami untuk mengencangkan payudara. Bunda bisa mendapatkan payudara kencang sempurna hanya jika melakukan operasi pengencangan payudara atau breast lift yang kini makin populer dibanding implan payudara.

So, bida dipastikan kalau cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi hanya isapan jempol ya, Bunda. Tetaplah menjaga pola hidup sehat untuk menghasilkan tubuh dan kulit yang juga sehat, karena bentuk payudara yang bagus juga tergantung dari kondisi tubuh dan kulit.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!