sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Memerah ASI dengan Tangan agar Lebih Efektif

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 Jul 2020 15:22 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background caption
Jakarta -

Memerah ASI bisa dilakukan tanpa bantuan breast pump lho, Bunda. Sebagian ibu menyusui, mengaku lebih nyaman memerah ASI dengan tangan. Katanya, jauh lebih praktis dan nyaman, serta hasil pompaan ASI lebih banyak.

Menurut Francie, seorang doula dan konsultan laktasi, memompa ASI baik dengan pompa ASI atau hanya merupakan pilihan. Masing-masing Bunda tentunya memiliki kenyamanan tersendiri.

Jika memilih memompa ASI menggunakan tangan, kuncinya ialah kompresi yakni bagaimana membuka dan menutup tangan di sekitar payudara.


"Teknik yang efektif yakni membuat bentuk C dengan tangan dan kemudian menggunakan tangan yang lain, menggerakkan jari-jari ke depan dan ke bawah menuju puting," ujar Francie dikutip dari Romper.

Untuk menghasilkan banyak ASI perah, dibutuhkan latihan memompa payudara dengan tangan. Apalagi, hasil pompaan ASI antara Bunda yang satu dengan lainnya tentu akan berbeda dari hari ke hari.

Melansir dari Very Well Family, memerah ASI dengan tangan berkaitan keterampilan. Sama seperti keterampilan lainnya, di mana Bunda harus belajar melakukan dan melatih untuk menjadi baik dan mendapatkan hasil terbaik.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda lakukan dalam memerah ASI dengan tangan agar lebih efektif ya, Bunda:

1. Cuci tangan dengan sabun dan air

Temukan posisi yang nyaman sesantai mungkin. Bunda dapat meletakkan handuk hangat di payudara atau memijat dengan lembut selama beberapa menit sebelum memulai memerah ASI dengan tangan.

Hal ini guna membantu membuat ASI mengalir. Bunda juga dapat menggunakan gambar bayi, rekaman suara anak, selimut dengan aroma bayi Bunda, atau teknik relaksasi lainnya untuk membantu merangsang.

Close up of breastfeeding supplies. A mom holds a newborn in the background. The supplies are on a table along with a doctor's bag.3 Tips memompa ASi menggunakan tangan/ Foto: iStock

2. Posisikan tangan di payudara dengan bentuk C-hold

Artinya, letakkan ibu jari di atas payudara dan jari-jari Bunda lainnnya di bawah puting sehingga tangan membentuk huruf C. Sementara itu, jempol dan jari-jari harus berjarak antara 1- sampai 2 inci di belakang puting. Sementara tangan yang lain memegang alas pengumpul yang bersih atau botol penyimpanan ASI di bawah payudara sehingga puting berada tepat di atasnya.

3. Mulai saat merasa sudah siap

Saat Bunda merasa siap, mulai dengan lembut dan mendorong payudara kembali ke tubuh dengan bantuan jari-jari. Selanjutnya, tangkupkan jempol dan jari-jari yang lain dengan lembut. Kemudian, gunakan gerakan memutar saat Bunda menggerakkan tangan ke depan menuju posisi semula.

Ingat ya, Bunda, lakukan gerakan dengan lembut untuk membuat ASI keluar dari saluran susu. Jaringan payudara yang sensitif juga akan memar jika Bunda terlalu keras menekan, menarik, atau menggeser jari-jari Bunda di atas payudara.

Semoga membantu.

Bunda, simak tips lain jika ingin memompa ASI dengan tangan seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi