sign up SIGN UP search


menyusui

7 Makanan Super saat Menyusui untuk Kesehatan Bunda dan ASI Berkualitas

Annisa Afani Rabu, 15 Jul 2020 15:04 WIB
ilustrasi makan buan dan sayuran caption
Jakarta -

Bayi harus mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk tumbuh, sehingga Bunda harus memperhatikan apa yang dikonsumsinya selama menyusui buah hati, ya. Selama menyusui, Bunda membutuhkan 300-500 kalori ekstra setiap hari dibanding wanita yang tidak menyusui.

Kalori tambahan ini ini untuk membantu suplai air susu ibu (ASI), dan meningkatkan energi Bunda selama menyusui. Namun tak cuma memenuhi kebutuhan kalori, tapi jangan terlalu membatasi kalori dengan harapan bisa menurunkan bobot tubuh lebih cepat.

"Ketika Anda tidak mengonsumsi kalori yang cukup, maka tubuh Anda bergantung pada segalanya, terutama jika Anda sedang menyusui," kata ahli gizi, Tamara S. Melton, dikutip dari Fox News.


Untuk memastikan ASI yang diproduksi bernutrisi, maka Bunda harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi. Karena dengan begitu, bayi dapat tumbuh dengan baik, dan Bunda juga tetap sehat serta memiliki energi yang cukup selama menyusui.

Dilansir dari Parents dan Fox News, berikut makanan super yang perlu Bunda konsumsi selama menyusui:

1. Telur

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang cepat, mudah, dan serbaguna untuk dikonsumsi. Selain gampang untuk diolah, telur mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Beberapa nutrisi baik tersebut, seperti protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin dan folat. Penelitian juga menunjukkan bahwa telur tidak dapat meningkatkan kolesterol lho, Bunda.

2. Salmon

Sumber protein yang baik lainnya dapat diperoleh dari ikan satu ini karena kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 dan vitamin D alami. Menurut penelitian, salmon dapat membantu untuk menangkal depresi pasca persalinan lho, Bunda.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti dalam roti dan oatmeal merupakan sumber penting vitamin B, mineral, protein dan serat. Selain itu, biji-bijian ini juga dapat membantu pencernaan dan menjaga kadar gula darah menjadi stabil. Serat yang dikandungnya dapat membuat Bunda merasa kenyang lebih lama dan membantu untuk menurunkan berat badan.

4. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau kaya akan antioksidan, serat, vitamin A, C, E, dan K serta mineral seperti kalsium. Setidaknya, cobalah untuk mengonsumsinya satu porsiĀ sayuran berdaun hijau dalam sehari ya, Bunda.

"Sayuran hijau menawarkan banyak nutrisi yang berbeda dan sangat rendah kalori," ujar ahli gizi terdaftar, Rachel Begun.

Ilustrasi makan sayurIlustrasi makan sayur/ Foto: iStock

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung nutrisi dan merupakan sumber protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat. Selain melindungi dari penyakit jantung, juga sebagai anti-penuaan, yang baik untuk kulit.

6. Alpukat

Biasanya ibu menyusui akan sering mengeluh lemas karena lapar ya, Bunda. Itu disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan kalori dari dalam tubuh.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa mengonsumsi alpukat karena alpukat dapat menjadi pembangkit tenaga dan bergizi untuk ibu menyusui. Alpukat mengandung hampir 80 persen lemak dan membantu menjaga Bunda agar tetap merasa kenyang. Selain itu, buah ini juga menjadi sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E.

7. Daging sapi

Ibu menyusui membutuhkan mineral zinc dan daging sapi menyediakannya. Daging sapi merupakan protein berkualitas tinggi yang kaya akan zat besi dan vitamin B, yang membantu Bunda mempertahankan energi. Pilihlah daging sapi yang diberi makan rumput karena memiliki lebih banyak asam lemak omega-3, tanpa antibiotik dan hormon.

Bunda, simak juga mengenai lidah putih pada bayi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi