menyusui

Ibu Menyusui Makan Pedas, Boleh Enggak Sih?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 04 Nov 2019 13:04 WIB
Ibu Menyusui Makan Pedas, Boleh Enggak Sih?
Jakarta - Memang benar, ibu menyusui harus konsumsi makanan bergizi. Sebab, apa yang ibu makan juga bakal disalurkan ke anak melalui ASI. Hanya saja, kalau soal makanan pedas, beberapa ibu menyusui khawatir.

Akankah makanan pedas yang dikonsumsi ibu berpengaruh pada ASI yang ujung-ujungnya berefek ke bayi? Kata konselor laktasi Susan Condon, enggak masalah bila ibu menyusui makan makanan pedas. Coba bayangkan, Bun, ibu menyusui di India dan Meksiko misalnya.

"Dalam keseharian, mereka konsumsi makanan pedas dan cenderung tajam bumbunya. Tapi saat menyusui, tak ada masalah dengan bayinya. Memang, sebaiknya ibu menyusui makan makanan bervariasi kaya gizi, salah satunya untuk membuat bayi mengenal beragam rasa," kata Condon mengutip Baby Center.


Jadi, kata Condon silakan Bunda konsumsi makanan yang dimau. Asal, perhatikan keseimbangan dan takarannya ya. Kalau bayi sensitif pada makanan pedas yang ibu konsumsi, biasanya beberapa waktu setelah menyusu bayi rewel.

"Dia terlihat tak nyaman bahkan tak bergairah yang artinya ada sesuatu tak enak yang dirasa. Ibu perlu melakukan observasi jika seperti ini," tambah Condon.

Bunda juga mesti ingat, misal anak kolik, diare, timbul ruam, bisa saja itu reaksi alergi makanan yang Bunda konsumsi. Tapi, Condon menegaskan biasanya reaksi alergi bukan karena si ibu makan makanan pedas.

Dilansir Parents, peneliti laktasi Paula Meier, PhD mengatakan sebuah studi menemukan bayi yang ibunya diberi ekstrak bawang putih menyusu lebih lama dan lebih puas. Artinya, bayi memang bisa membedakan rasa ketika ibu makan sesuatu.

"Sejak di kandungan bayi sebenarnya sudah mengenal rasa dari makanan yang ibunya makan. Nah, masa menyusu hanya kelanjutan dari masa mencicipi segala rasa di kandungan," papar Meier.

Ilustrasi ibu menyusui makan pedasIlustrasi ibu menyusui makan pedas/ Foto: iStock
Beberapa waktu lalu, konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat, dr.Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI mengatakan tak masalah ibu konsumsi makanan pedas. Tapi, jangan kebanyakan juga, Bun.

"Yang dikhawatirkan ketika ibu makan makanan terlalu pedas, jadinya ibu diare kan mengganggu proses pemberian ASI. Kalau efek si makanannya ke ASI ibu sih enggak ada ya," kata Hikmah.

Simak cerita Eriska Rein saat menyusui si kecil di video ini. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi