sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Bunda Minum Soda saat Menyusui?

Annisa Afani Sabtu, 18 Jul 2020 15:38 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Ada banyak gagasan yang diterima oleh Bunda sejak hamil, melahirkan, hingga pada masa menyusui. Salah satunya terkait mengonsumsi minuman bersoda yang dikatakan dapat membuat bayi kembung karena pengaruh air susu ibu (ASI) yang dikonsumsinya.

Dilansir dari KellyMom, kembung yang dialami bayi tidak ada hubungannya dengan soda yang Bunda konsumsi karena tidak ada bukti dan penelitian yang dapat menjelaskan kebenarannya. Menurut pakar laktasi, Kelly Bonyata, perut kembung umum terjadi pada bayi akibat sistem pencernaannya yang belum matang.

Pada dasarnya, kembung yang dialami oleh si kecil bisa terjadi dengan berbagai alasan, Bunda. "Beberapa hal yang bisa membuat bayi kembung adalah menghirup udara ketika menangis," katanya.


Selain itu, menyusu pakai dot juga membuka peluang untuk udara masuk. Begitu juga, ketika mengisap botol susu yang telah habis juga bisa membuat bayi kembung karena mengisap udara. Bahkan, menyusu terlalu banyak juga bisa membuatnya kembung.

Tak cuma itu, makanan yang dikonsumsi ibu menyusui juga bisa membuat buah hati kembung jika dia sensitif terhadap makanan tersebut. Bahkan, ketika ibu menyusui mengonsumsi vitamin, herbal atau obat yang sensitif untuk anak juga bisa membuat bayi menjadi kembung.

minuman soda kena virus coronaminuman soda / Foto: iStock

Meski tak menyebabkan masalah pada bayi, namun membatasi asupannya sangat disarankan. Agar aman, cukup minum soda dengan takaran sekitar 200-300 mililiter (ml) sehari atau lima hingga enam kaleng soda.

"Makanan dan minuman, termasuk soda yang terdiri dari pemanis yang disetujui FDA (Food and Drug Administration) seperti aspartame, cesulfame, potassium, dan sucralose aman ketika dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan," ujar ahli gizi Kellie Kong, dilansir dari Health Xchange.

Itu karena minuman soda mengandung kafein dan jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan bayi rewel atau kurang tidur. Selain itu, dikutip dari Baby Center, gula dan pemanis buatan dalam soda tidak memberikan kalori dan nutrisi pada tubuh.

Dan meski manisnya soda tidak akan mempengaruhi ASI, Bunda tetap saja perlu untuk diet dari manis-manisan ya, Bunda. Ini bertujuan agar ASI yang diproduksi tidak banyak mengandung gula.

Dikutip dari All Womens Talk, ASI yang mengandung banyak gula dapat menyebabkan ketidakseimbangan glukosa dalam darah bayi. Sehingga hal tersebut berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan pada bayi di kemudian hari.

Dibanding mengonsumi soda, Bunda menyusui bisa menggantinya dengan air putih, jus buah atau sayuran segar, air kelapa. Minuman tersebut pilihan yang baik untuk menjaga Bunda tetap terhidrasi dan ternutrisi.

Bunda, simak juga kisah Winda Idol yang harus meng-ASI-hi saat darah tinggi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi