sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Payudara Menyusut dan Mengecil Setelah Berhenti Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 16 Jul 2020 18:57 WIB
A Japanese mother breastfeeding her baby girl in a home nursery. caption
Jakarta -

Ketika hamil dan menyusui, Bunda mungkin dikejutkan dengan pembengkakan payudara yang meningkat drastis. Tetapi, usai berhenti menyusui, Bunda juga jangan kaget ya kalau payudara menyusut dan mengecil kembali.

Ya, hal ini memang menjadi hal lumrah yang dialami banyak ibu menyusui. Meski tetap ada kekhawatiran serta perasaan tak percaya diri karena payudara kembali menyusut, tetapi Bunda tidak perlu khawatir lebih lanjut.


Dituturkan Dr Khakpour lebih lanjut bahwa selama kehamilan, payudara wanita memang akan tumbuh berkat perubahan hormon seperti peningkatan progesteron. Tetapi, setelah menyusui, ukuran dan bentuknya kembali mengalami perubahan, seperti dikutip dari laman Self."Wanita dilahirkan dengan ukuran payudara mereka, tetapi itu dapat berubah dalam hidup mereka," ujar Nazanin Khakpour, M.D, F.A.C.S, seorang ahli bedah onkologi di Moffitt Cancer Center.


Closeup of young woman holding cute little baby in her hands, lulling him in bed. Panorama with free spacePayudara kecil usai menyapih/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Nah, saat Bunda menyusui selama dua tahun, kemungkinan payudara memang berangsur-angsur tak tampak lebih besar dari biasanya. Hal ini dikarenakan sel-sel penghasil ASI mengalami pergantian molekul setelah Bunda berhenti menyusui.

Proses ini memungkinkan mereka untuk 'memakan' sel-sel mati dan sisa susu setelah disapih. Itu sebabnya payudara kembali mengecil setelah Bunda berhenti menyusui.

Aktivitas ini bermanfaat membersihkan sel-sel yang berlebihan. Biasanya akan timbul sedikit rasa sakit dan peradangan, di mana membantu membentuk kembali payudara kembali pada keadaan normal sebelum kehamilan, seperti dikutip dari laman Thruparenting.

Proses payudara yang mengecil setelah berhenti menyusui biasanya berbeda antar wanita. Ada yang menyusut lebih cepat, tetapi ada pula yang membutuhkan waktu. Biasanya, hal ini dikaitkan dengan bagaimana tubuh seseorang secara individual mengakomodasi perubahan setelah masa kehamilan dan menyusui.

Jadi, tak perlu terlalu bingung dengan hal ini serta tidak perlu mengkhawatirkan secara berlebihan ya, Bunda. Sebab, hal ini memang menjadi fase normal yang dialami para wanita setelah fase menyusui. Terpenting, tetap menjaga asupan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara rutin agar kesehatan selalu terjaga ya, Bunda.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk tiga gerakan yang bisa membantu mengencangkan payudara. Klik video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi